Resep Soto Banjar yang Bisa Manjain Lidah

Marvin Flores   07/08/2020 16:03

Soto Banjar
Soto Banjar

Lagi mencari inspirasi resep soto banjar yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto banjar yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam serta memiliki aroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkih. Adakalanya pembuatan kuah soto banjar dapat dicampurkan dengan sedikit susu yang membuat warna kuahnya. Selain Soto Banjar, Depot Soto Banjar "Selera Kita" juga menyajikan bergam masakan khas Banjar yang menggugah selear.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto banjar, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan soto banjar yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan soto banjar sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Soto Banjar memakai 16 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Soto Banjar:
  1. Gunakan 1 kg karkas ayam Broiler (8 potong)
  2. Gunakan 4 butir telur
  3. Gunakan 2 buah kentang
  4. Siapkan Bumbu halus:
  5. Gunakan 3 buah bawang putih
  6. Siapkan 5 buah bawang merah
  7. Siapkan 1 ruas jahe
  8. Sediakan 1 potong kecil biji pala
  9. Siapkan 1 bungkus ladaku
  10. Ambil 1 sdt garam
  11. Siapkan 1 sdt gula pasir
  12. Sediakan Bumbu pelengkap:
  13. Ambil 5 buah cengkeh
  14. Gunakan 3 buah kapulaga
  15. Siapkan 2 buah bunga lawang
  16. Gunakan 1 potong kayu manis

Soto (also known as sroto, tauto, saoto, or coto) is a traditional Indonesian soup mainly composed of broth, meat, and vegetables. Many traditional soups are called soto. Kuah soto Banjar yang asli menggunakan krimer sehingga akan berwarna putih. Soto Banjar biasanya disajikan bersama dengan ketupat, perkedel ubi kayu, irisan wortel, serta telur bebek.

Langkah-langkah menyiapkan Soto Banjar:
  1. Cuci bersih daging ayam, beri irisan jeruk nipis/lemin dan garam. Aduk rata,diamkan 5 menit. Bilas tiriskan.
  2. Tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan ayam, masak sampai layu, tambahkan air 2 liter, masak sampai ayam matang.
  3. Rebus kentang, haluskan bersama kuning telur itik 4 buah (sy pakai telur ayam). Tambahkan ke rebusan ayam. Aduk rata. Beri garam dan gula. Cek rasa matikan kompor. Sajikan bersama soon/bihun, daun seledri, potongan tomat, telur rebus dan bawang doreng
  4. Dpt jg ditambahkan lontong/ketupat.

Bisa dibilang juga bahkan hidangan ini adalah salah satu masakan terpopuler dari Kalimantan. Membuat Soto Banjar yang komplit memang butuh waktu dan kesabaran tetapi hasilnya sangat Catatan: Bumbu rempah Soto Banjar umumnya dibungkus dengan kain tipis atau kasa dan direbus. Resep Soto Banjar Sederhana Spesial Asli Enak. Soto khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini terbilang komplit dan lengkap juga. Katanya Soto Kuin Abang Suhai paling enak di Banjar menurut.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat soto banjar yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved