Resep 💕GANGAN/SAYUR KARUH yang Enak

Dollie Miles   24/06/2020 18:59

💕GANGAN/SAYUR KARUH
💕GANGAN/SAYUR KARUH

Anda sedang mencari ide resep 💕gangan/sayur karuh yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal 💕gangan/sayur karuh yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Sayur kaladi / gangan karuh identik dgn sayuran khas org banjar biasanya disantap dgn nasi hangat dan sambel terasi dan didlm gangan karuh tsb dimasukkan. Berjumpa kembali. kali ini saya memasak Sayur Keladi atau sayur Karuh Kami menyebutnya Dalam Bahasa Banjar. pembuatannya pun sangat mudah. Gangan Keladi/ gangan karuh jar urang banjar ini bisa juga ditambahkan dengan ikan gabus,patin,papuyu, jantung pisang dan sayur lainnya sesuai selera,tapi saya disini hanya menggunakan bahan - bahan yang ada dirumah, seperti keladi hasil panenan bapak dikebun dan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari 💕gangan/sayur karuh, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan 💕gangan/sayur karuh enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan 💕gangan/sayur karuh sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat 💕GANGAN/SAYUR KARUH memakai 14 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan 💕GANGAN/SAYUR KARUH:
  1. Siapkan 3 ekor ikan Haruan ukuran sedang
  2. Gunakan 1 ikat Daun kangkung
  3. Siapkan 1 ikat daun Supan²
  4. Sediakan 1 bongol keladi (optional)
  5. Siapkan 1 bh Tungkul /jantung pisang
  6. Ambil 3 bh Pisang Anum/muda
  7. Gunakan 2 liter Air
  8. Gunakan 250 ml santan (tidak kental)
  9. Siapkan Bumbu Halus/Papahan
  10. Gunakan 10 bh Keminting
  11. Siapkan 1 ruas jempol Laos
  12. Sediakan 2 btg serai
  13. Ambil 1 ruas jempol Kunyit
  14. Gunakan 10 siung bawang merah

Gangan Humbut, gulai sayur khas Kalimantan Selatan, terkenal memiliki cita rasa yang manis dan gurih. Gangan humbut, gulai sayur hidangan khas Kalimantan Selatan. (Dok. Gangan karuh Banjar atau sayur keladi yang dimasak bersama isian ikan ini, wajib kamu cobain ketika berada di daerah Kalimantan Timur, lho. Menjadi salah satu makanan khas di Kalimantan juga, gangan karuh Banjar berisi ikan gabus segar ataupun bisa juga menggunakan ikan asin sebagai isian.

Cara membuat 💕GANGAN/SAYUR KARUH:
  1. Siapkan bahan² sayur dan bumbu²
  2. Bersihkan semua daun kangkung, keladi, pisang muda dan jantung pisang (Tungkul) potong² kemudian masin² direbus, lalu sisihkan
  3. Tumis bumbu yg di haluskan sampai masak dan harum kemudian masukkan potongan ikan haruan, aduk sebentar matikan api.
  4. Masukkan semua bahan sayur kedalam panci yang sudah ada air mendidih, tambahkan gula pasir dan garam aduk²
  5. Tambahkan air santan (tidak kental) dan potongan ikan haruan serta bumbu, aduk² hingga tercampur rata dan ikan sudah terlihat masak. Matikan api kompor.
  6. Sayur siap di hidangkan

Termasuk Gangan Karuh , masakan ini sangat terkenal di Kalimantan Selatan , rasanya yang khas membuat cita rasa yang menggugah selera. Masakan ini biasa di sebut dengan " Gangan Karuh " , dan kali ini saya akan memberitahukan bagaimana cara membuat " Gangan Karuh ". Gangan Gadang Pisang Gangan gadang pisang berbahan utama dari Pelapah atau gedebok Pisang kepok/Awa. Masakan ini disajikan di saat perkawinan,ada yang mempercayayi dengan menyajika gangan gadang pisang ini kelak keluarga mempelai akan jauh dari pentengkaran,perpecahan dan. Bukan Sayur Asam tapi Sayur Asem-asem.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan 💕GANGAN/SAYUR KARUH yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved