Resep Soto kudus yang Enak

Jennie Kim   29/09/2020 08:27

Soto kudus
Soto kudus

Lagi mencari inspirasi resep soto kudus yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal soto kudus yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Soto kudus (Hanacaraka:ꦱꦺꦴꦠꦺꦴ ꦏꦸꦢꦸꦱ꧀) adalah soto yang berasal dari Kudus. Soto kudus, hampir mirip dengan soto Lamongan, soto kudus berisi suwiran ayam dan taoge. Terkadang soto kudus juga menggunakan daging kerbau.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto kudus, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan soto kudus yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah soto kudus yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Soto kudus menggunakan 21 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Soto kudus:
  1. Ambil 300-500 gr ayam (aku pakai kepala, leher buat kaldunya aja)
  2. Sediakan 2 buah daun salam
  3. Ambil 1 buah sereh digeprek
  4. Sediakan 3 buah daun jeruk
  5. Ambil secukupnya Garam, lada, air, penyedap
  6. Siapkan Bumbu halus
  7. Gunakan 4 siung bawang putih
  8. Sediakan 8 buah bawang merah
  9. Sediakan 1/2 cm kunyit
  10. Sediakan 1/2 cm jahe
  11. Gunakan 1/4 sdt merica
  12. Siapkan 1/4 sdt jinten
  13. Gunakan Bahan pelengkap
  14. Ambil Kol secukupnya diiris
  15. Ambil secukupnya Soun
  16. Siapkan secukupnya Tauge
  17. Ambil secukupnya Bawang goreng
  18. Ambil secukupnya Jeruk nipis
  19. Sediakan secukupnya Daun bawang
  20. Siapkan Optional (tomat, sambal)
  21. Siapkan Nasi anget

Soto con auténtico sabor que El Kudus no encontramos ningún. Soto es deeeelicious, usted puede tratar de comer con Lontong en vez de arroz. Selain bulan Ramadan, soto di sini banyak dicari untuk dijadikan menu sarapan. Sama dengan soto-soto lainnya, soto Kudus juga mempunyai cita rasa yang khas dengan kuah bening yang segar karena resep yang di gunakan seperti resep masakan jawa pada umum nya.

Langkah-langkah menyiapkan Soto kudus:
  1. Ambil panci tambahkan air (aku sekitar 1,5 L), masukkan ayam yg sudah dibersihkan direbus dengan api kecil biar kelur kaldunya.
  2. Tumis bumbu halus, masukkan daun jeruk dan daun salam. Tumis sampai harum.
  3. Masukkan tumisan bumbu dan sereh kedalam panci yang berisi ayam, masukkan garam, penyedap dan lada. Koreksi rasa. Boleh juga ditambakan daun bawang.
  4. Rebus sebentar kol dan tauge supaya lebih bersih saat dimakan.
  5. Voilaaa, jadi, ini enak banget ditambah dengan nasi hangat, sambal, kerupuk dan bawang goreng.

Soto Kudus, salah satu soto khas Nusantara yang paling populer. Di Indonesia, ada banyak variasi Resep ini adalah versi lebih simpel dan sehat dari hidangan populer Kudus, Jawa Tengah, yakni. Kelezatan Soto Kudus di Jakarta memang bikin tergila-gila. Karakteristik Soto Kudus hampir sama seperti Soto Lamongan. Di dalamnya ada suwiran daging ayam dan taoge dengan siraman kuah.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan soto kudus yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved