Bagaimana Menyiapkan Soto Mie Santan Kuning / Soto Medan yang Lezat

Max Rivera   16/08/2020 18:31

Soto Mie Santan Kuning / Soto Medan
Soto Mie Santan Kuning / Soto Medan

Anda sedang mencari inspirasi resep soto mie santan kuning / soto medan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto mie santan kuning / soto medan yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Resep Soto Mie Santan Kuning / Soto Medan. Bisa diisi dengan daging ayam atau babat. Dan yang saya bikin ini adalah soto dengan isian daging ayam suwir.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto mie santan kuning / soto medan, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan soto mie santan kuning / soto medan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat soto mie santan kuning / soto medan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Soto Mie Santan Kuning / Soto Medan memakai 28 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Soto Mie Santan Kuning / Soto Medan:
  1. Gunakan Bumbu halus:
  2. Ambil 6 siung bawang merah
  3. Siapkan 5 siung bawang putih
  4. Sediakan 2 butir kemiri
  5. Siapkan 1 ruas kunyit
  6. Siapkan 1 ruas jahe
  7. Siapkan 2 sdt ketumbar
  8. Siapkan Bahan tambahan:
  9. Ambil 1 liter santan (tidak terlalu encer/kental)
  10. Ambil 3 lembar daun jeruk
  11. Gunakan 1 batang serai (digeprek)
  12. Sediakan 2 lembar daun salam
  13. Sediakan Bunga lawang dkk
  14. Sediakan Gula pasir
  15. Siapkan Garam
  16. Siapkan Minyak goreng
  17. Sediakan Bahan pelengkap:
  18. Siapkan Secukupnya Ayam goreng disuir²
  19. Gunakan Secukupnya Tauge
  20. Sediakan Tahu goreng (potong dadu)
  21. Gunakan Mie hun diseduh air panas
  22. Siapkan Sambal
  23. Sediakan Jeruk nipis
  24. Ambil Daun pre-sop (iris²)
  25. Gunakan Tomat (iris²)
  26. Siapkan Bawang goreng
  27. Siapkan Kentang (potong dadu lalu digoreng)
  28. Siapkan Kerupuk merah putih yang sudah digoreng

Tumis bumbu halus hingga mengeluarkan aroma wangi dengan sedikit minyak goreng. Masukkan daun jeruk, serai, daun salam, bunga lawang dkk. Tuang tumisan bumbu ke dalam santan. Masak di atas api sedang hingga mendidih.

Cara membuat Soto Mie Santan Kuning / Soto Medan:
  1. Tumis bumbu halus hingga mengeluarkan aroma wangi dengan sedikit minyak goreng. Masukkan daun jeruk, serai, daun salam, bunga lawang dkk
  2. Tuang tumisan bumbu ke dalam santan. Masak di atas api sedang hingga mendidih. Jangan lupa diaduk agar santan tidak pecah. Setelah mendidih, masukan gula pasir dan garam. Tes rasa
  3. Susun dalam wadah (mie hun, tauge, tahu goreng, kentang goreng dan ayam suwir). Siramkan kuah soto di atasnya, kemudian beri taburan daun pre-sop, bawang goreng dan kerupuk merah putih dan tomat iris. Saya pakai kentang goreng karena tidak sempat membuat perkedel hehehehee
  4. Sajikan dengan sambal hijau/merah dan potongan jeruk nipis. Segeerrr guriihhh. Selamat mencoba moms👌

Jangan lupa diaduk agar santan tidak pecah. Medan juga punya sajian soto yang sedap. Kuahnya berwarna kuning, karena menggunakan kunyit. Bedanya, kuah soto Medan ditambah santan. Soto Medan juga menggunakan pelengkap yang cukup beragam, yaitu ayam, perkedel kentang, tauge, emping, telur, dan bawang goreng.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat soto mie santan kuning / soto medan yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved