Resep Soto Mie Bogor Anti Gagal

Lulu Gibson   20/07/2020 18:48

Soto Mie Bogor
Soto Mie Bogor

Sedang mencari ide resep soto mie bogor yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal soto mie bogor yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

This is another delicious soup that I'm pretty you will love to make. Post your comments if you would like to know more about it. Soto mie, Soto mi, (atau disebut Mee soto di Malaysia dan Singapura) (Aksara Sunda Baku: ᮞᮧᮒᮧ ᮙᮤᮈ) adalah hidangan mi berkuah kaldu berbumbu yang lazim ditemukan di Indonesia lebih tepatnya di Sunda, Bogor, Jawa Barat.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto mie bogor, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan soto mie bogor yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan soto mie bogor sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Soto Mie Bogor menggunakan 36 jenis bahan dan 10 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Soto Mie Bogor:
  1. Siapkan Bahan-bahan :
  2. Gunakan 1 potong Sekengkel sapi (pake daging juga boleh)
  3. Siapkan 1/4 kg Kikil (rebus hingga setengah mateng)
  4. Gunakan 1/2 buah Lobak, potong2 sesuai selera (sebenernya ga suka lobak, tapi kok rasanya kurang afdol aja kl gak pake, hehehe)
  5. Ambil Bumbu halus:
  6. Sediakan 10 bh Bawang merah
  7. Ambil 8 bh Bawang putih
  8. Gunakan 4 bh Kemiri
  9. Ambil 5 bh Cabe merah besar
  10. Ambil 1 sdt Merica
  11. Siapkan 1 sdt Kaldu sapi bubuk
  12. Gunakan Secukupnya Garam
  13. Ambil Secukupnya Gula pasir
  14. Sediakan 1 batang Sereh yg besar geprek
  15. Sediakan 1 jari Jahe, geprek
  16. Siapkan 1 jempol Lengkuas, geprek
  17. Gunakan 6 lembar Daun jeruk
  18. Sediakan 4 lembar Daun salam
  19. Siapkan 5 sdm Minyak utk menumis
  20. Gunakan 3 liter Air (air kaldu, rebusan sekengkel)
  21. Sediakan Pelengkap :
  22. Gunakan Bihun, mie kuning
  23. Siapkan Kol, tomat,risol, kecap manis, sambel, jeruk limau
  24. Gunakan Seledri dan bawang goreng untuk taburan
  25. Siapkan Risol :
  26. Sediakan 15 lembar Kulit risol
  27. Sediakan Untuk isian risol :
  28. Gunakan 100 gr Bihun (cuci / guyur air, seduh air panas +-5 menit, tiriskan)
  29. Gunakan 1 batang Daun bawang (rajang halus)
  30. Gunakan 2 batang (seledri, ambil daunnya aja, rajang halus)
  31. Ambil 2 siung Bawang Putih
  32. Siapkan 1/2 sdt Kaldu ayam bubuk
  33. Gunakan 1/4 sdt Merica bubuk
  34. Siapkan Secukupnya Garam
  35. Sediakan 2 sdm Minyak utk menumis
  36. Ambil Secukupnya minyak untuk menggoreng

Soto mie Bogor ini memang nikmat ketika disajikan panas-panas dengan perasan jeruk limau atau jeruk nipis. * TAOGE GORENG*. Taoge goreng adalah kuliner tradisional nusantara khas bogor, yang disajikan dengan lontong / ketupat yang ditata bersama taoge, tahu, oncom, mie kuning, daun. Resep Soto Mie Bogor Asli Enak Sederhana Gurih. Masak mi khas bogor yuk, Tidak sulit kalau Sobat tau banget cara membuat makanan enak yang banyak suka Ini.

Langkah-langkah menyiapkan Soto Mie Bogor:
  1. Didihkan air, masukkan Sekengkel dan daun salam. Masak dg apa kecil sampe daging sekengkelnya hampir empuk.
  2. Ulek merica, bawang merah, bawang putih, cabe merah sampe halus. Tambahkan kemiri, bejek2 ga usah sampe halus.
  3. Panaskan 5 sdm minyak di wajan, tumis bumbu yg sudah dihaluskan tadi, masukkan sereh,daun jeruk, jahe, lengkuas, tumis hingga harum.
  4. Masukkan bumbu yg sudah ditumis ke dlm panci yg berisi sekengkel tadi, tambahkan garam, gula pasir, kaldu sapi, lobak yg sudah dipotong2, masukkan juga kikil yg tadi sudah direbus. Masak sampe dagingnya empuk ya sista. Tes rasa, angkat.
  5. Untuk bikin isian risol nya haluskan 2 siung Bawang Putih. Tumis hingga harum, masukkan daun bawang dan seledri yg sudah diiris, tumis bentar, tambahkan garam dan merica. Masukkan bihun, aduk rata, tes rasa, matikan api. Ambil 1 lembar kulit risol, tuang 1 ato 2 sdm bihun,lipet kulitnya,diujung/akhir lipatan oles dg putih telur ato sedikit terigu yg dicairkan dg air (berfungsi sebagai lem, biar gak ngebuka kl pas di goreng). Lakukan sampe kulit ato isian habis.
  6. Kalo sudah kekuningan, angkat, tiriskan. Potong2 sesuai selera)
  7. Kol rajang halus. Tomat potong sesuai selera. Kikil iris2. Bihun dan mie kuning rendam pakai air mendidih +-5menit,jgn kelamaan biar gak lembek.
  8. Tata di mangkuk, kol, bihun, mie kuning, risol, tomat, irisan daging dan kikil, tuangi kuah, taburin bawang goreng dan sledri. Tambahkan sambal. Siap dihidangkan. Segger.
  9. Untuk sambel aku pake 20 bh Cabe rawit, rebus sampe layu, angkat, ulek.
  10. Selamat mencoba sista 😉👍

Sajian yang satu Ini banyak diburu beberapa wisatawan yang berburu kuliner khas Bogor. Kuliner Indonesia memang tidak ada habisnya. Kuliner khas Indonesia memiliki cita rasa yang unik pada setiap daerahnya. Salah satu kuliner daerah yang memiliki cita rasa yang unik dan lezat adalah soto mie khas Bogor, Jawa Barat. Soto mie bogor adalah sajian sedap dapat dihidangkan secara istimewa di rumah supaya tidak sering jajan di luar untuk dijadikan usaha juga laris manis menurut ncc, jtt, Diah Didi, karena sulit menemukan soto mie asli bogor yg paling enak ini, seperti di kota Bengkulu, Denpasar, Surabaya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan soto mie bogor yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved