Resep Sayur Asem Kacang Panjang dan Daun Katuk Anti Gagal

Bertie Douglas   23/07/2020 16:38

Sayur Asem Kacang Panjang dan Daun Katuk
Sayur Asem Kacang Panjang dan Daun Katuk

Sedang mencari inspirasi resep sayur asem kacang panjang dan daun katuk yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asem kacang panjang dan daun katuk yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asem kacang panjang dan daun katuk, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan sayur asem kacang panjang dan daun katuk yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Lagi pengen satur asem kacang panjang. Biar tambah meriah kutambah daun katuk yg tumbuh depan rumah yg dah mulai tinggi. Ternyata berikan rasa dan aroma yg beda, kayak yg udah ikhlas banget makan cuman nasi dan sayur ini tanpa lauk.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat sayur asem kacang panjang dan daun katuk sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Sayur Asem Kacang Panjang dan Daun Katuk memakai 10 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Sayur Asem Kacang Panjang dan Daun Katuk:
  1. Sediakan 7 helai kacang panjang, potong² 3 cm, cuci tiriskan
  2. Siapkan 1 genggam daun katuk, cuci tiriskan
  3. Siapkan 1 liter air
  4. Gunakan Secukupnya asem jawa
  5. Gunakan 1/2 buah tomat, iris
  6. Gunakan Secukupnya garam, gula pasir, dan kaldu jamur
  7. Sediakan Bumbu iris:
  8. Ambil 2 buah cabe merah keriting
  9. Siapkan 3 siung bawang merah
  10. Siapkan 2 siung bawang putih

Rebus air dan masukkan asem kandis, dan jagung yang dipotong-potong. Potong-potong kacang panjang, terong dan labu siam menurut selera masukan ke air rebusan. Sayur asem: Kacang panjang Terong Daun ubi muda Asam jawa muda Bawang merah Bawang putih Lengkuas Cabe rawit Kemiri Garam Sambal terasi: Cabe rawit merah. Sayu bobor daun kacang panjang atau lembayung merupakan sayur khas yang berasal dari Jawa Tengah.

Cara menyiapkan Sayur Asem Kacang Panjang dan Daun Katuk:
  1. Rebus air hingga mendidih masukkan bumbu iris dan asem jawa
  2. Setelah bumbu matang masukkan kacang panjang dan tomat, bumbui garam, gula pasir dan kaldu jamur, masak hingga kacang panjang setengah matang.
  3. Lanjut masukkan daun katuk, cicip rasa, setelah matang matikan kompor.
  4. Sajikan dengan lauk favorit dan atau sambel.
  5. Utk tau perbedaan rasa dan aroma sayur asem biasa dgn daun katuk, caranya cicip sayur sebelum dan sesudah daun katuk masuk. Daun katuk ini membuat sayur menjadi lebih menggoda untuk dinikmati.

Sayur yang satu ini memiliki cita rasa yang Penasaran seperti apa resep dan bagaimana cara membuat sayur bobor daun kacang panjang atau daun lembayung? Sayur asem Jakarta yang membedakan dengan sayur asam lainnya adalah pemakaian cabe dan kemiri. Sayur yang dipakai tidak jauh berbeda dengan sayur asem daerah lain. Sayur asem Jawa tengah menggunakan labu siam, mentimun, kacang panjang, wortel, jagung muda, dan daun melinjo. Sayur asem merupakan sayur sederhana dengan citarasa nikmat yang begitu lekat di masyarakat Indonesia.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sayur asem kacang panjang dan daun katuk yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved