Resep Kue bugis ubi ungu yang Lezat Sekali

Benjamin McKinney   17/11/2020 22:35

Kue bugis ubi ungu
Kue bugis ubi ungu

Lagi mencari inspirasi resep kue bugis ubi ungu yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue bugis ubi ungu yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue bugis ubi ungu, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan kue bugis ubi ungu enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Resep dan Cara Membuat Kue Bugis Ubi Ungu Kue Bugis ini di buat dengan campuran tepung ketan dan ubi ungu, suatu perpaduan citarasa tradisional dan modern. Bugis merupakan salah satu kue tradisional Indonesia. Lihat juga resep Kue Bugis Ubi Ungu (Mendut/Koci) enak lainnya.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah kue bugis ubi ungu yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Kue bugis ubi ungu memakai 9 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Kue bugis ubi ungu:
  1. Siapkan 800 gr ubi ungu
  2. Siapkan 100-150 gr tapioka
  3. Sediakan 100 ml air
  4. Sediakan 1 sdt minyak
  5. Gunakan Bahan isian:
  6. Sediakan 1/2 kelapa parut agak muda
  7. Ambil 6 sdm gula pasir
  8. Siapkan Sedikit garam
  9. Siapkan secukupnya Daun pisang

Kue bugis is Indonesian kue or traditional snack of soft glutinous rice flour cake, filled with sweet grated coconut. The name is suggested to be related to Bugis ethnic group of South Sulawesi as their traditional delicacy, and it is originated from Makassar. Untuk membuat kue satu ini sangatlah mudah sekali, Anda hanya perlu membuat dua buah lapisan yakni lapisan atas dan bawah. Selain mudah, bahan-bahan yang diperlukan pun juga tidak terlalu asing, sehingga tidak terlalu sulit didapat.

Cara menyiapkan Kue bugis ubi ungu:
  1. Masak bahan isian dengan api sedang. Masukkan air dan gula tunggu larut masukkan kelapa. Aduk sampai tercampur rata masukan garam, aduk sampai air meresap. Setelah itu sisihkan tunggu sampai dinging
  2. Kukus ubi ungu setelah matang tumbuk atau haluskan. Masukkan tapioka dan air aduk rata.
  3. Ambil sebagian adonan ubi beri isian tutup dan bulatkan. Bungkus dengan daun pisang oles sedikit minyak supaya tidak lengket sewaktu matang.
  4. Kukus kurang lebih 25-30 menit. Setelah matang angkat dan sajikan.

Manfaat ubi ungu lainnya adalah mampu mengurangi resiko serangan jantung. Jajanan yang satu ini adalah salah satu camilan tradisional yang cukup menjadi favorit. Siapa sih yang nggak suka sama kue talam? Tapi kalau dibuat dengan ubi ungu pasti semua suka, nggak terkecuali si kecil yang tertarik karena warnanya. Cara membuat kue mangkok ubi ungu : Masukkan dalam blender: gula pasir, telur, garam,vanili, ubi ungu, santan dan bahan biangnya….blender sampai halus.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat kue bugis ubi ungu yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved