Resep Putu Ayu Ubi Ungu, Lezat

Olga Lawrence   22/07/2020 00:39

Putu Ayu Ubi Ungu
Putu Ayu Ubi Ungu

Anda sedang mencari inspirasi resep putu ayu ubi ungu yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal putu ayu ubi ungu yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari putu ayu ubi ungu, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan putu ayu ubi ungu yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Kue Putu Ayu merupakan salah satu kue tradisional populer yang berasal dari daerah Jawa. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan cita rasa yang manis dan. Resep kue putu ayu ubi ungu super lembut.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan putu ayu ubi ungu sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Putu Ayu Ubi Ungu menggunakan 12 bahan dan 10 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Putu Ayu Ubi Ungu:
  1. Siapkan 150 gr ubi ungu kukus
  2. Ambil 150 gr gula pasir yang sudah diblender halus
  3. Gunakan 150 gr tepung terigu protein sedang
  4. Ambil 150 ml santan kental
  5. Siapkan 2 butir telur
  6. Ambil 1/2 sdt cake emulsifier (SP)
  7. Ambil 1/2 sdt garam halus
  8. Siapkan Kelapa Parut:
  9. Siapkan 1/2 butir kelapa setengah tua
  10. Ambil Sedikit garam
  11. Ambil 1 sdm maizena
  12. Gunakan 1 lembar daun pandan

Lihat juga resep Donat ubi ungu met autolisis enak lainnya. Kue putu ayu jadi salah satu jajanan yang menggiurkan. Cocok buat arisan dan acara-acara spesial lainnya. Makanan dari ubi ungu adalah makanan yang beragam dan bermanfaat.

Langkah-langkah menyiapkan Putu Ayu Ubi Ungu:
  1. Kupas/kerok kulit ari kelapa sampai putih lalu parut. Campur parutan kelapa dengan sedikit garam, daun pandan yg disobek-sobek, dan 1 sdm maizena. Aduk rata. Kukus 10 menit, angkat, sisihkan.
  2. Blender ubi ungu kukus dengan santan sampai halus, sisihkan.
  3. Kocok gula, telur, emulsifier dan garam sampai mengembang kental berjejak. Turunkan speed mixer menjadi paling rendah, masukkan ubi halus, kocok rata, masukkan terigu sambil terus dikocok sampai rata, matikan mixer.
  4. Olesi cetakan putu ayu dengan minyak tipis, tata kelapa kukus didasarnya, tekan-tekan sambil dipadatkan.
  5. Tuang adonan ke dalam cetakan yang sudah diberi kelapa kukus tadi. Tuang sampai penuh.
  6. Masukkan dalam dandang yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, kukus selama 15-20 menit atau sampai matang.
  7. Angkat, tunggu hingga agak dingin lalu keluarkan dari cetakan.
  8. Siap disajikan.
  9. MaasyaaAllah enak.
  10. Empuk menul-menul.

Yuk intip aneka olahan ubi ungu di sini. Ketahui pula apa saja manfaat ubi ungu. Com - Ubi ungu adalah varietas ubi yang tidak kalah unggul dengan ubi jalar biasa yang berwarna kuning atau oranye. Ubi ungu sangat lezat apalagi dimakan dalam kondisi yang masih hangat. Sebagian orang masih beranggapan kalau ubi ungu adalah makanan Saat ini, ubi ungu tak hanya dapat diolah menjadi panganan tradisional saja, lho.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Putu Ayu Ubi Ungu yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved