Cara Gampang Membuat Soto Padang Anti Gagal

Gussie Silva   05/08/2020 15:32

Soto Padang
Soto Padang

Lagi mencari inspirasi resep soto padang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto padang yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Padang merupakan salah satu tempat yang terkenal akan kelezatan kulinernya. Seperti daerah-daerah lain di Indonesia yang memiliki hidangan khas berupa soto, terdapat juga soto khas Padang. Soto Padang is a kind of clear, non coconut milked soto, which usually contains beef, onion, potatoes, and white vermicelli noodles as its main ingredients.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto padang, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan soto padang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah soto padang yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Soto Padang menggunakan 28 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Soto Padang:
  1. Gunakan 1 kg daging sapi (potong utk dendeng)
  2. Sediakan Bahan merebus daging:
  3. Sediakan 3 siung bawang putih (geprek)
  4. Gunakan 4 lbr daun salam
  5. Gunakan 3 btg serai
  6. Sediakan 1 bh pala
  7. Ambil 4 bh cengkeh
  8. Sediakan 2 bh pekak (kembang lawang)
  9. Ambil 4 btr kapulaga
  10. Sediakan Bumbu halus:
  11. Siapkan 15 btr bawang merah
  12. Gunakan 10 siung bawang putih
  13. Gunakan selera Cabe merah sesui
  14. Siapkan Jahe
  15. Siapkan Lengkuas
  16. Siapkan Kunyit
  17. Ambil 1/2 sdt merica
  18. Siapkan Garam
  19. Sediakan Gula
  20. Ambil Penyedap rasa
  21. Sediakan Bahan pelengkap :
  22. Ambil Perkedel kentang
  23. Sediakan Soun
  24. Ambil Tomat
  25. Ambil Bawang daun
  26. Siapkan Bawang goreng
  27. Ambil Kerupuk merah padang
  28. Ambil Jeruk

Resep soto Padang kini hadir untuk mempersembahkan yang terbaik bagi keluarga tercinta. Soto padang merupakan soto yang berasal dari Padang, Sumatera Utara. Sama seperti soto pada umumnya, soto padang terdiri dari potongan daging sapi, soun, serta perkedel. Soto Padang adalah hidangan berkuah kaldu sapi dengan bahan irisan daging sapi yang sudah digoreng kering, soun, perkedel kentang ditambah kerupuk merah dan dihidangkan panas-panas.

Cara menyiapkan Soto Padang:
  1. Rebus daging sampai mendidih buang air rebusan pertama, rebus kembali daging sampai empuk bersama bumbu2
  2. Setelah daging empuk angkat kemudian potong kecil2 dan goreng dgn api kecil hingga daging kering (seperti kerupuk)
  3. Kuah soto: Tumis bumbu halus sampai harum, kemudian masukkan ke dalam air rebusan daging
  4. Tambahkan garam, gula, dan penyedap rasa
  5. Koreksi rasa
  6. Penyajian: susun soun, daging, perkedel, tomat, bawang daun, & bawang goreng didalam mangkuk kemudian siram kuah soto, sajikan bersana kerupuk merah & jeruk

Karena lagi bosan dengan Soto kudus, kamipun berpindah ke Soto padang. Porsi sotonya lumayan kecil dan disajikan di mangkuk kecil, terpisah dengan nasinya. Pelengkap soto Padang adalah mie soun, perkedel kentang, keripik kentang dan kerupuk merah. Aduk rata dan sajikan sebagai pelengkap soto Padang anda. Nggak perlu jauh-jauh ke padang untuk menikmati nikmatnya soto padang.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Soto Padang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved