Bagaimana Membuat Sayur Sawi Asin 🥬 Anti Gagal

Amy Gilbert   05/09/2020 19:07

Sayur Sawi Asin 🥬
Sayur Sawi Asin 🥬

Lagi mencari ide resep sayur sawi asin 🥬 yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur sawi asin 🥬 yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Sawi asin kering atau ham choi kon Makanan khas thionghua,dengan cita rasa, asin ,gurih. Bisa di masak dan di campur aneka daging. Sawi Asin ( Sayur Asin ) - indonesian kimchi. yudo nugroho.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur sawi asin 🥬, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan sayur sawi asin 🥬 yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sayur sawi asin 🥬 yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sayur Sawi Asin 🥬 memakai 5 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Sayur Sawi Asin 🥬:
  1. Gunakan 500 gr sawi jabung
  2. Sediakan 500 ml air kelapa
  3. Sediakan 500 ml air putih
  4. Siapkan 45 gr gula putih
  5. Siapkan 45 gr garam

Sayur asem or sayur asam is an Indonesian vegetable soup. It is a popular Southeast Asian dish orginating from Sundanese cuisine, consisting of vegetables in tamarind soup. The sweet and sour flavour of this dish is considered refreshing and very compatible with fried or grilled dishes. Di Indonesia, sayur asin digunakan untuk mengistilahkan produk fermentasi sawi.

Langkah-langkah menyiapkan Sayur Sawi Asin 🥬:
  1. Siapkan sawi jabung yang sudah siap panen. Cuci di air mengalir, kemudian jemur sampai layu, 2-3 jam biasa nya sudah layu daun & batang nya
  2. Siapkan bahan bahan. Air kelapa, air putih, gula, garam
  3. Masukkan air kelapa, air putih, gula, garam dalam wadah, kemudian aduk rata sampai tercampur semua bahan. Lalu masukkan sawi jabung yg sudah layu tadi, usahakan semua sawi terendam.
  4. Tindih dengan mangkuk atau piring, agar permukaan sawi tenggelam, lalu tutup wadah dg wadah yg kedap, simpan di suhu ruang. Setelah 5 hari, balik posisi sawi, yg dibawah sawi nya, ganti di naikkan, dan sebaliknya.
  5. Setelah hari ke 10 rendam, sayur sawi asin sudah matang sempurna. Warna nga sudah kuning emas, rasanya,,,,asem asin dan ada manis nya dikit… Spy tahan lama, bs disimpan di kulkas. Sayur sawi asin bs dinikmati dg dimasak bersama ikan, bakso & banyak masakan lainnya.

Sawi pada pembuatan sayur asin difermentasikan secara alami dengan air pekat yang diambil dari air untuk menanak nasi. Fermentasi terjadi dengan pertumbuhan beberapa bakteri asam laktat. Sayur Asin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini artinya sayur ini cocok dimakan dikala sakit. Ternyata di balik sayur asin yang berbahan dasar sayuran sawi ini punya banyak sekali manfaat.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Sayur Sawi Asin 🥬 yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved