Langkah Mudah untuk Membuat Tuna asap sambal matah plus acar sayur Anti Gagal

Daisy Byrd   22/11/2020 09:20

Tuna asap sambal matah plus acar sayur
Tuna asap sambal matah plus acar sayur

Anda sedang mencari ide resep tuna asap sambal matah plus acar sayur yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal tuna asap sambal matah plus acar sayur yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari tuna asap sambal matah plus acar sayur, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan tuna asap sambal matah plus acar sayur enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Tuna asap nya enak banget, rasa dan aroma nya tuh jadi teringat ikan mangut asap kalau pas pulkam ke rumah suami di Jawa, persis aroma nya. Lihat juga resep Sambal matah enak lainnya. SOP JAWA PLUS PAKE SAMBEL MATAH ALA NOTNOTšŸ‘ hehe.bahannya gampang banget.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat tuna asap sambal matah plus acar sayur yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Tuna asap sambal matah plus acar sayur menggunakan 28 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Tuna asap sambal matah plus acar sayur:
  1. Ambil 300 gr ikan tuna fillet
  2. Sediakan 10 gr garam
  3. Gunakan 3 gr gula
  4. Siapkan 3 gr merica
  5. Siapkan 1 sdm air jeruk nipis
  6. Sediakan 100 ml air
  7. Sediakan Secukupnya arang batok (aq pakai arang biasa)
  8. Sediakan Secukupnya teh daun
  9. Ambil Bahan sambal matah :
  10. Siapkan 50 gram bawang merah, cincang kasar
  11. Siapkan 2 batang sereh, ambil bagian putih, cincang kasar
  12. Siapkan 50 gram kecombrang (aq skip)
  13. Ambil Secukupnya cabe rawit merah, iris tipis
  14. Siapkan Secukupnya cabe rawit hijau, iris
  15. Siapkan 2 lembar daun jeruk, buang tengah nya, lalu iris halus
  16. Gunakan 1 buah tomat merah, potong dadu
  17. Siapkan 1/2 sdt garam
  18. Gunakan 2 sdt minyak kelapa
  19. Gunakan 1 sdm air jeruk Cui (me lemon)
  20. Ambil Bahan acar sayuran :
  21. Sediakan 100 gram kol putih, iris tipis
  22. Ambil 50 gram kol ungu, iris tipis (aq skip)
  23. Ambil 100 gram wortel, potong kotak
  24. Sediakan Secukupnya cabe rawit hijau utuh
  25. Siapkan 1 sdm cuka masak
  26. Ambil 1 sdm gula
  27. Gunakan 1 sdt garam
  28. Sediakan 90 ml air

Untuk membuat tuna fillet sambal matah Ingin tahu resep lengkap dan cara membuat tuna fillet sambal matah? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @pawon_bukning. Mari rasakan makanan khas melayu 'SAMBAL IKAN TUNA ASAP' Jadi, ini tu ikan tuna yang di ambil daging nya aja jadi gak ada tulang, ikan nya lalu di sale atau di asapin seharian, baru di olah menjadi sambal ikan , dengan cabe merah. Sambal matah adalah sambal yang terbuat dari irisan cabai dan bawang merah, menciptakan aroma yang khas.

Langkah-langkah membuat Tuna asap sambal matah plus acar sayur:
  1. Potong tuna sekitar 50-60 gram, lalu campur rendaman bumbu (air, garam, merica, gula dan air jeruk nipis) celupkan semua potongan daging tuna ke dalam rendaman bumbu, rendam selama 10 menit. Setelah di rendam angkat daging tuna, lalu keringkan dengan tisu.
  2. Siapkan arang di perapian, (aq pakai alat Bakaran untuk sate) lalu bakar arang, taburi arang yang sudah menyala dengan daun teh yang sudah di rendam air sebentar (tidak di rendam dulu pun tidak apa2 ya) lalu pasang rak bolong nya, tata satu persatu daging tuna di atas rak kemudian tutup, aq tutup pakai loyang šŸ¤£ asapi selama 15 menit
  3. Ini dia penampakan daging tuna yang sudah di asap. Untuk mematangkan tuna, panggang diatas teflon yang sudah diolesi minyak kelapa, bolak balik agar matang di kedua sisi nya.
  4. Sajikan dengan sambal kecombrang / matah. Resep sambal matah : https://cookpad.com/id/resep/14060821-sambal-matah?invite_token=tc8zMVcGmS7nCAnyvr21kZmV&shared_at=1605643375
  5. Resep acar sayur : https://cookpad.com/id/resep/14060826-acar-sayur?invite_token=7PCyHrXNYKgHm6p1F1JpDAbq&shared_at=1605643433

Sambal matah merupakan salah satu sambal yang berasal dari Bali. Matah dalam bahasa Bali berarti mentah atau belum dimasak. Sambal matah berbahan dasar cabai rawit merah, bawang merah, garam, bawang putih, batang serai, daun jeruk purut, terasi, perasan jeruk nipis, dan minyak goreng. Varian Baru dari Sambal Bu Sandra. Dibuat dengan Tuna Asap yang rasanya sudah Pasti LEZAT!!.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Tuna asap sambal matah plus acar sayur yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved