Langkah Mudah untuk Menyiapkan Cilok kuah (salome bakso), Enak Banget

Dale Roy   19/07/2020 07:31

Cilok kuah (salome bakso)
Cilok kuah (salome bakso)

Anda sedang mencari inspirasi resep cilok kuah (salome bakso) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cilok kuah (salome bakso) yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cilok kuah (salome bakso), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan cilok kuah (salome bakso) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Dalam video kali ini saya akan memberikan resep dan cara membuat cilok bakso dengan daging ayam yang mudah, enak dan lembut. Cara Membuat Cilok Kuah : Blender sampai halus bakso kecil untuk isi cilok, dan rebus telur puyuh jika belum matang. Setelah adonan cilok berupa campuran tepung kanji dan bakso sudah selesai dibuat, kemudian balutkan bakso yang sudah di blender atau telur dengan adonan.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan cilok kuah (salome bakso) sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Cilok kuah (salome bakso) menggunakan 23 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Cilok kuah (salome bakso):
  1. Sediakan Bahan cilok:
  2. Gunakan 100 gr tepung tapioka
  3. Ambil 100 gr tepung terigu
  4. Sediakan 1 telur
  5. Ambil 2 siung bawang putih
  6. Gunakan 1/4 sdt merica bubuk
  7. Gunakan 3 lembar daun bawang iris
  8. Ambil Garam
  9. Ambil Royco
  10. Siapkan Bahan kuah:
  11. Ambil 1 potong ayam (opsional)
  12. Sediakan 3 lembar Daun bawang
  13. Gunakan 2 batang seledri
  14. Siapkan Bumbu halus:
  15. Sediakan 1 siung Bawang merah
  16. Gunakan 1 siung bawang putih
  17. Gunakan Merica bubuk
  18. Ambil Garam
  19. Ambil Royco
  20. Ambil Bahan tambahan:
  21. Ambil Kecap
  22. Siapkan Saus
  23. Gunakan Cabe (untuk sambel)

Lebih enak lagi kalau kamu tambahkan kuah. Sekarang cilok pun ada bermacam-macam loh, ada cilok goreng, cilok, bakar, juga cilok kuah. Dijualnya pun nggak cuma di jalanan dan kaki lima, tapi juga banyak. Diantaranya cilok kuah pedas, cilok kuah kaldu ayam, cilok kuah ebi, dan cilok kuah bakso.

Langkah-langkah menyiapkan Cilok kuah (salome bakso):
  1. Campur semua bahan cilok aduk rata dan beri air sedikit2 uleni sampai adonan kalis, panaskan air dalam panci lalu bulat2kan cilok dan masukkan pada air mendidih lakukan sampai adonan habis dan angkat bila sudah mengapung
  2. Haluskan semua bumbu untuk kuah, panaskan air dalam panci, lalu tumis bumbu sampai harum dan masukkan. Masukkan ayam (aku ayam udah mateng) ini buat rasa kaldu lebih enak aja, masukkan daun bawang dan seledri. Cek rasa bila sudah pas matikan
  3. Goreng cabe lalu ulek, iris2 daun bawang dan seledri untuk taburan
  4. Tata cilok dalam mangkuk, beri kuah dan ayamnya teburi dengan daun bawang dan seledri lalu aku tambahkan sambal kecap dan saus.. Nikmati selagi hangat enak

Simak videonya Namun, namanya tak setenar cilok kuah dan cilok Bandung. Tapi jangan salah, rasa cilok bakar sangat lezat dengan sensasi bau khas arang yang dibakar dijamin menambah cita rasa. Cilok goang merupakan cilok yang disajikan dengan menggunakan kuah yang diberi sambal goang. Cara membuatnya pun sama dengan cara Sajikan cilok dalam mangkuk lalu siram dengan kuah, taburkan bawang goreng dan seledri. Hidangkan dengan sambal goang dan kecap manis (optional).

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan cilok kuah (salome bakso) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved