Resep Soto padang, Lezat

Fanny Hamilton   13/11/2020 00:15

Soto padang
Soto padang

Anda sedang mencari ide resep soto padang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal soto padang yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto padang, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan soto padang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Padang merupakan salah satu tempat yang terkenal akan kelezatan kulinernya. Seperti daerah-daerah lain di Indonesia yang memiliki hidangan khas berupa soto, terdapat juga soto khas Padang. Soto Padang is a kind of clear, non coconut milked soto, which usually contains beef, onion, potatoes, and white vermicelli noodles as its main ingredients.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah soto padang yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Soto padang memakai 36 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Soto padang:
  1. Siapkan bahan A :
  2. Ambil 500 gr daging sapi
  3. Gunakan 300 gr balungan
  4. Gunakan 3 liter air
  5. Ambil 1 jempol jahe geprek
  6. Sediakan 1 jempol lengkuas geprek
  7. Gunakan 2-3 sdt garam
  8. Sediakan (kasih 2 dulu baru kl kurang kasih 3 ya kira kira aja)
  9. Ambil bahan B haluskan :
  10. Ambil 6 siung bawang putih
  11. Gunakan 10 siung bawang merah
  12. Gunakan 2 cm kunyit
  13. Siapkan 3 bh kapulaga yg sdh di kupas
  14. Ambil 1 ruas jahe
  15. Ambil lain lain :
  16. Sediakan 1 bh bunga lawang
  17. Ambil 3 bh cengkeh
  18. Siapkan 6 lembar daun jeruk
  19. Ambil 2 lembar daun salam
  20. Siapkan 3 sdm minyak goreng
  21. Sediakan 1 sdm bubuk kari
  22. Sediakan 1 btg sereh geprek
  23. Sediakan pelengkap :
  24. Gunakan sohun yg sdh di rebus
  25. Sediakan kerupuk merah (bisa skip)/kerupuk lain
  26. Siapkan perkedel/ kentang goreng
  27. Siapkan bawang putih goreng
  28. Ambil bawang merah goreng
  29. Siapkan tomat potong u/topping
  30. Siapkan jeruk nipis
  31. Gunakan sambel :
  32. Gunakan secukupnya cabai rawit merah
  33. Gunakan tambahkan 1-2siung bawang putih
  34. Gunakan sedikit garam
  35. Sediakan haluskan semua lalu tumis sebentar hingga harum
  36. Siapkan 1 batang daun bawang ptotng2

Resep soto Padang kini hadir untuk mempersembahkan yang terbaik bagi keluarga tercinta. Soto padang merupakan soto yang berasal dari Padang, Sumatera Utara. Sama seperti soto pada umumnya, soto padang terdiri dari potongan daging sapi, soun, serta perkedel. Soto Padang adalah hidangan berkuah kaldu sapi dengan bahan irisan daging sapi yang sudah digoreng kering, soun, perkedel kentang ditambah kerupuk merah dan dihidangkan panas-panas.

Cara membuat Soto padang:
  1. Daging sapi potong memanjang dari tengah lalu potong agar tidak terlalu lebar dagingnya dan tidak terlalu kecil lalu geprek dgn ulekan asal aja. Rebus bahan A buang buih rebus hingga 3/4 air tersisa sekitar 2 liter tersisa. atau sampai empuk. pokoknya harus sampai empuk. kalo kurang airnya boleh tambah sedikt sekitar 1- 11/2gelas. sisihkan
  2. Panaskan minyak harus hingga panas dl baru di masukin bumbu halusnya ya, tumis bumbu halus hingga mulai harum masukan semua bahan lain lain lalu tumis hingga harum. harus harum ya. lalu tuang kedalam kuah kaldu dan didihkan. ketika mulai mendidh masukan daun bawang. cek rasa kl kurang garam tinggal tambah.
  3. Siapkan bahan pelengkap tata di mangkok lalu siram dengan kuah dan potong2 dagingnya dl ya. daging boleh di goreng dulu asal lewat aja atau boleh tinggal di potong2 aja. kasih perasan jeruk nipis dan sambel 😋😋 tambah kerupuk juga. yeayy
  4. Ini bubuk kari yg aku pake. kari pedas jd kl buat yg anak2 cari bubuk kari ya ga pedes ya.
  5. Note : ini cuma versi detailnya soto padang kuah bening ya yg sblmnya sy posting. kalopun ga pake bubuk kari. enak jg kok cocok untuk anak2.

Karena lagi bosan dengan Soto kudus, kamipun berpindah ke Soto padang. Porsi sotonya lumayan kecil dan disajikan di mangkuk kecil, terpisah dengan nasinya. Pelengkap soto Padang adalah mie soun, perkedel kentang, keripik kentang dan kerupuk merah. Aduk rata dan sajikan sebagai pelengkap soto Padang anda. Nggak perlu jauh-jauh ke padang untuk menikmati nikmatnya soto padang.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat soto padang yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved