Resep Soto Padang, Enak

Marvin Carr   07/10/2020 21:58

Soto Padang
Soto Padang

Lagi mencari inspirasi resep soto padang yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal soto padang yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto padang, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan soto padang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Padang merupakan salah satu tempat yang terkenal akan kelezatan kulinernya. Seperti daerah-daerah lain di Indonesia yang memiliki hidangan khas berupa soto, terdapat juga soto khas Padang. Soto Padang is a kind of clear, non coconut milked soto, which usually contains beef, onion, potatoes, and white vermicelli noodles as its main ingredients.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat soto padang yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Soto Padang menggunakan 34 bahan dan 11 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Soto Padang:
  1. Sediakan Bahan Kaldu
  2. Gunakan 400 g Daging Sapi (bisa ditambah tetelan atau lemak)
  3. Gunakan Air secukupnya (untuk blansir daging)
  4. Siapkan 2 ltr Air
  5. Sediakan 4 lbr Daun Salam
  6. Gunakan 1 btg Sereh ukuran sedang
  7. Sediakan 4-5 lbr Daun Jeruk, buang tulangnya
  8. Gunakan Bumbu Halus Kuah
  9. Ambil 5 siung Bawang Putih
  10. Sediakan 10-12 siung Bawang Merah
  11. Gunakan 1-2 ruas Jahe
  12. Gunakan 1-2 ruas Lengkuas
  13. Ambil 1 sdt Merica
  14. Siapkan 1/2 sdt Ketumbar
  15. Ambil 1 ruas Kunyit
  16. Siapkan Minyak secukupnya untuk menumis
  17. Gunakan Bahan lainnya
  18. Sediakan 4-6 biji Cengkeh
  19. Siapkan 1/4 buah Pala, geprek
  20. Ambil 3-4 biji Kapulaga, geprek
  21. Gunakan 1 buah Bunga Lawang
  22. Gunakan Tambahan
  23. Ambil secukupnya Garam
  24. Ambil secukupnya Gula
  25. Sediakan Kaldu blok/bubuk sapi (opsional, kalau ingin rasa lebih kuat)
  26. Ambil Pelengkap Sajian
  27. Ambil Sohun
  28. Gunakan Perkedel (resep tersedia)
  29. Gunakan Kerupuk Merah
  30. Gunakan Daun Bawang, rajang halus
  31. Siapkan Selederi, rajang halus
  32. Gunakan Cabe giling
  33. Gunakan Bawang goreng
  34. Ambil Jeruk Nipis

Resep soto Padang kini hadir untuk mempersembahkan yang terbaik bagi keluarga tercinta. Soto padang merupakan soto yang berasal dari Padang, Sumatera Utara. Sama seperti soto pada umumnya, soto padang terdiri dari potongan daging sapi, soun, serta perkedel. Soto Padang adalah hidangan berkuah kaldu sapi dengan bahan irisan daging sapi yang sudah digoreng kering, soun, perkedel kentang ditambah kerupuk merah dan dihidangkan panas-panas.

Langkah-langkah membuat Soto Padang:
  1. Cuci dan potong daging agar mudah matang, lalu masak dengan air secukupnya hanya sampai mendidih. Mendidih selama 5 menit. Untuk membuang sisa darah dan kotoran pada daging. Buang air, rebus kembali dengan 2 liter air dan bahan kaldu lainnya, sampai matang. (Bisa dilakukan dengan tes tusuk)
  2. Sementara itu siapkan bumbu halus, jika ingin kuah lebih bening, bumbu halus bisa diiris saja (kebetulan saya punya hanya bentuk gilingan semua, jadi hanya tinggal campur). Setelah bumbu dihaluskan/iris, tumis dengan minyak (agak dilebihkan kalau tidak menggunakan lemak sapi, sekitar 1-2 sdm, opsional kalau mau sedikit berminyak). Tambahkan Bahan lainnya. Tumis sampai harum. Sisihkan.
  3. Sambil menunggu daging matang juga bisa membuat perkedel kentang sebagai pelengkap. (resep terpisah)
  4. Keluarkan daging ketika telah matang, dan masukkan bahan yang sudah ditumis ke dalam kaldu. Tambah kan gula, garam, dan kaldu blok (kalau dibutuhkan), koreksi rasa.
  5. Tips: biarkan kuah kaldu dimasak dikompor dengan api sangat kecil, agar menjaga kuah tetap hangat. Dan juga untuk menghindari minyak dari lemak atau daging menggumpal ketika kuah dingin.
  6. Daging yang sudah matang, potong tipis atau dadu dan goreng sesuai selera. Bisa kering atau setengah kering.
  7. Note: jika menggunakan tetelan dan atau lemak sapi, boleh dibiarkan tetap dikuah kaldu agar rasa gurih atau ikut di goreng dengan potongan daging.
  8. Siap kan sohun yang sudah matang didalam mangkuk, beri bahan pelengkap, lalu sirami dengan kuah kaldu, sajikan. Bisa juga disajikan dengan kuah kaldu terpisah. Sesuai selera.
  9. Note: Jika tidak suka daun bawang mentah, irisan daun bawang bisa dimasukkan ke dalam kuah kaldu saat kuah kaldu sudah matang. Begitu juga dengan seledri. Masukkan sesaat sebelum dihidangkan.
  10. Notes: Hasil 8 porsi dihitung dengan menggunakan nasi 😂
  11. Hidangkan saat dalam keadaan panas.

Karena lagi bosan dengan Soto kudus, kamipun berpindah ke Soto padang. Porsi sotonya lumayan kecil dan disajikan di mangkuk kecil, terpisah dengan nasinya. Pelengkap soto Padang adalah mie soun, perkedel kentang, keripik kentang dan kerupuk merah. Aduk rata dan sajikan sebagai pelengkap soto Padang anda. Nggak perlu jauh-jauh ke padang untuk menikmati nikmatnya soto padang.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat soto padang yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved