Resep Sayur nangka sambal belimbing yang Bisa Manjain Lidah

Emily Barber   05/11/2020 14:50

Sayur nangka sambal belimbing
Sayur nangka sambal belimbing

Anda sedang mencari inspirasi resep sayur nangka sambal belimbing yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur nangka sambal belimbing yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Blimbing wulu adalah buah yang kecut yang bisa di buat sambal atau campuran sayur. di video ini saya mengolah bagaimana memasak blimbing wuluh menjadi lodeh. Sambal merupakan salah satu menu yang wajib ada di meja makan. Sambal juga memiliki banyak varian yang wajib anda coba.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur nangka sambal belimbing, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan sayur nangka sambal belimbing enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah sayur nangka sambal belimbing yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sayur nangka sambal belimbing memakai 20 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Sayur nangka sambal belimbing:
  1. Ambil 1 buah nangka mentah uk besar
  2. Ambil 2 1/2 gayung santan cair
  3. Siapkan 700 mil santa kental
  4. Sediakan Bumbu:
  5. Siapkan Segenggam potongan lengkuas
  6. Ambil 23 lembar daun salam
  7. Gunakan 4 batang sere geprek
  8. Ambil 1 bungkus masako ayam
  9. Siapkan 1 sendok sayur garam kasar
  10. Ambil Kemiri (skip)
  11. Gunakan Sec kunyit bubuk
  12. Sediakan Sec merica bubuk
  13. Ambil Sec katumbar bubuk
  14. Siapkan Sambal iris:
  15. Ambil Sec cabe rawit merah+ hijau
  16. Sediakan Sec belimbing wuluh
  17. Siapkan 1 siung bawang putih
  18. Ambil Bawang merah (skip)
  19. Gunakan 1 sdt garam kasar
  20. Ambil Sec minyak goreng

Karena belimbing sayur menghasilkan rasa pedas yang segar, serta membuat selera makan anda dan keluarga menjadi bertambah. Makna 'belimbing sayur' di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah belimbing wuluh. Pengertian sayur asam adalah sayur yang diberi asam, terdiri atas bermacam-macam sayuran (seperti kacang panjang, nangka muda, buah belinjo serta daunnya). Sayur nangka ini berbumbu gulai, bersantan encer, dan memadukan berbagai sayuran seperti nangka muda, kol, kacang panjang, dan rebung.

Cara membuat Sayur nangka sambal belimbing:
  1. Siapkan bahan. Ini sayurnya sudah di masak sala dan bumbu sdh di bersihkan. (Maaf foto sambal belum masuk)
  2. Masukan semua bumbu kecuali masako dan garam. Aduk" ketika santan mulai mendidih selagi sayur di masak. Iris semua bahan (sambal)
  3. Tambahkam santan kental, garam dan masako aduk" masak hingga santan mendidih. Koreksi rasa. Angkat, sisihkan. Sangrai sambal iris setelah air menyusut tuangi minyak goreng. Tumis hingga matang. Angkat. Siapkan piring mangkok masukan sayur nangka tambahkan sambal iris di atas sayur nangka sajikan.

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Kita pasti sudah banyak mendengar buah-buahan yang diolah menjadi keripik seperti apel, salak, nangka bahkan hingga buah nagapun bisa diolah menjadi keripik, dan tentunya belimbing. Sayur yang keras seperti jagung, asam muda, nangka dan kacang tanah terlebih dahulu dimasukkan. Buah ini termasuk buah yang kaya manfaat jika kita mengkonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan. Bahan-bahan yang harus tersedia adalah belimbing wuluh (belimbing sayur) ukuran sedang, cabe.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Sayur nangka sambal belimbing yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved