Bagaimana Membuat Ayam Geprek Sambal Matah Anti Gagal

Lelia Ramos   18/12/2020 17:34

Ayam Geprek Sambal Matah
Ayam Geprek Sambal Matah

Lagi mencari ide resep ayam geprek sambal matah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam geprek sambal matah yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Celebrating flavours and 'handed-down' family traditions of Indonesian street food. Apalagi menu ayam geprek sambal matah, ini sih perpaduan yang sempurna! Nah, buat kamu yang penasaran ingin membuat ayam geprek dengan sambal matah sendiri, simak resep berikut.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam geprek sambal matah, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan ayam geprek sambal matah yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah ayam geprek sambal matah yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Ayam Geprek Sambal Matah menggunakan 21 jenis bahan dan 12 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Ayam Geprek Sambal Matah:
  1. Gunakan Bahan utama
  2. Sediakan 1 ekor ayam sedang
  3. Gunakan Bahan pelapis
  4. Sediakan 400 gr Tepung Cakra protein tinggi
  5. Gunakan 150 gr Tepung maizena
  6. Siapkan 1 sendok Lada
  7. Gunakan 1 ruas Kunyit
  8. Gunakan 1 ruas Jahe
  9. Sediakan 5 Cabe merah
  10. Sediakan 1 sendok Ketumbar
  11. Gunakan 10 buah Bawang putih
  12. Siapkan 1 butir Telur
  13. Siapkan 1 sendok Baking soda
  14. Sediakan Bahan Sambal
  15. Siapkan 10 butir Bawang merah
  16. Gunakan 5 buah Cabe merah
  17. Sediakan 20 buah Cabe rawit
  18. Ambil Terasi sedikit saja
  19. Sediakan Gula
  20. Ambil Garam
  21. Sediakan Kaldu jamur

Goreng ayam yg sudah di beri tepung bumbu tadi. Sambil menunggu ayam matang buat sambal geprek. Ulek cabai rawit dan bawang putih, beri garam, gula, penyedap. Jika ayam sudah matang taruh ayam di cobek sambal, geprek dengan sambal.

Langkah-langkah membuat Ayam Geprek Sambal Matah:
  1. Haluskan bawang putih, cabe merah, lada, ketumbar,kunyit, jahe. Tambahkan 1 sendok garam serta penyedap
  2. Lumurkan bumbu halus ke 1 ekor ayam. Lalu simpan di lemari es. Kurang lebih 3-5 jam agar bumbu meresap.
  3. Untuk membuat pelapis tepung, tuang tepung terigu dan tepung maizena ke dalam 1 wadah. Tambahkan sedikit lada. Lalu aduk rata. Sisihkan.
  4. Di wadah lainnya. Ambil air sebanyak 250 ml. Tambahkan 1 sendok baking soda. Dan 5 sendok tepung yang telah disisihkan di wadah sebelumnya. Masukkan ke dalam kulkas. Agar dingin.
  5. Setelah 3 jam. Keluarkan ayam.
  6. Ambil panci panaskan minyak. Minyaknya banyak ya
  7. Ambil panci panaskan minyak. Minyaknya banyak ya
  8. Langsung goreng. Agar renyah dan tidak keras.
  9. Potong cabe merah, bawang merah dan cabe kecil. Dan beri sedikit terasi gula garam
  10. Siram minyak panas.
  11. Ambil ulekan. Letakkan ayam yang sudah di goreng. Tambahkan sambal matah di atasnya. Lalu geprek
  12. Taraaaaaaa…. Selesai deh ❤️❤️

Anda bisa mencoba membuat resep di membuat ayam geprek sambal matah di rumah. Menu lainnya ada Mie Kuah, Ayam Goreng Asam Manis, Ayam Goreng Fillet Sambal Matah, hingga aneka jus. Fungsi sambal yang utama adalah sebagai pelengkap makanan. Sebagian orang menggunakan sambal hanya untuk menambah rasa ketika hidangan yang akan mereka santap tidak terlalu memiliki rasa yang dominan, mangkanya ketika kita makan di. Letakkan ayam goreng di atas cobek sambal hijau, kemudian geprek.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Ayam Geprek Sambal Matah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved