Resep Sayur Tewel (Nangka) yang Enak

Alfred Meyer   20/07/2020 03:08

Sayur Tewel (Nangka)
Sayur Tewel (Nangka)

Anda sedang mencari inspirasi resep sayur tewel (nangka) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur tewel (nangka) yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Bahan Nangka muda koro Tempe Cabe Lengkuas Bawang Merah Putih Kaldu kunyit Daun Salam Santan Garam Air. Sayur lodeh tewel atau gulai nangka adalah salah satu menu sayur favorit di indonesia. rasanya yang gurih, pedes, manis menambah cita rasa. biasanya cocok. Cara Memasak Sayur Lodeh Nangka Muda/Tewel Campur Ceker.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur tewel (nangka), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan sayur tewel (nangka) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah sayur tewel (nangka) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sayur Tewel (Nangka) memakai 16 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Sayur Tewel (Nangka):
  1. Gunakan 500 gram tewel (nangka)
  2. Ambil 3 bh santan cair @65ml
  3. Gunakan 10 siung bawang putih
  4. Gunakan 10 siung bawang merah
  5. Siapkan 2 ruas kencur
  6. Siapkan 1 bh kunyit
  7. Siapkan 10 butir kemiri
  8. Gunakan Ketumbar
  9. Sediakan 2 ruas laos, geprek
  10. Siapkan 2 bh sereh, geprek
  11. Ambil Cabe rawit
  12. Ambil Daun salam
  13. Ambil Daun jeruk
  14. Ambil secukupnya Garam
  15. Ambil secukupnya Gula
  16. Gunakan secukupnya Penyedap rasa

Sayur Tewel merupakan masakan khas Jawa Timur, berupa sayur lodeh nangka muda lengkap dengan tetelan daging sapi. Rasanya gurih dan segar di lidah. Ingin tahu cara membuat sayur lodeh nangka muda yang paling mudah dan praktis ? Nangka muda atau biasa juga disebut dengan nama lain tewel.

Cara membuat Sayur Tewel (Nangka):
  1. Rebus tewel (nangka);
  2. Blender : bawang putih, bawang merah, kunyit, kencur, kemiri, ketumbar;
  3. Goreng sebentar bumbu yang telah diblender beserta daun salam, daun jeruk, laos, dan sereh;
  4. Setelah bumbu tercium aromanya, masukkan kedalam rebusan tewel, beserta cabe rawit, garam, gula, dan penyedap rasa;
  5. Masukkan santan.

Itulah resep sayur lodeh tewel alias lodeh nangka muda yang enak. Masak dalam porsi secukupnya saja untuk berbuka dan sahur, ya, Moms. Ini namanya sayur tewel dimana sayurnya dibuat dari nangka muda atau didaerah saya disebut TEWEL. Memang mirip dengan lodeh baik bumbunya juga sama persis dengan lodeh di tambah. Sayur Tewel atau nangka muda khas Blitar ini pasti nikmat untuk disajikan di meja makan hari ini.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Sayur Tewel (Nangka) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved