Resep Adonan serba guna (kue cubit, martabak, pancake, dorayaki) yang Enak Banget

Matthew Goodwin   13/10/2020 21:59

Adonan serba guna (kue cubit, martabak, pancake, dorayaki)
Adonan serba guna (kue cubit, martabak, pancake, dorayaki)

Lagi mencari inspirasi resep adonan serba guna (kue cubit, martabak, pancake, dorayaki) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal adonan serba guna (kue cubit, martabak, pancake, dorayaki) yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari adonan serba guna (kue cubit, martabak, pancake, dorayaki), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan adonan serba guna (kue cubit, martabak, pancake, dorayaki) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Resep Adonan serba guna (kue cubit, martabak, pancake, dorayaki). Saya suka mencoba resep-resep kue yang mudah tapi seringkali sudah mudah resepnya tapi tetap ada bahan yang saya gak punya. Kalau gak lengkap bahannya, biasanya saya coba siasati.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat adonan serba guna (kue cubit, martabak, pancake, dorayaki) sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Adonan serba guna (kue cubit, martabak, pancake, dorayaki) menggunakan 10 bahan dan 11 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Adonan serba guna (kue cubit, martabak, pancake, dorayaki):
  1. Gunakan 245 gr tepung terigu serba guna
  2. Gunakan 145 gr gula pasir (bisa diganti madu, manisnya selera)
  3. Sediakan 2 butir telur
  4. Sediakan Garam sejumput (gak pakai juga tidak apa)
  5. Ambil 1/2 sdt vanili bubuk (aromanya selera)
  6. Siapkan 1 sdt baking powder
  7. Gunakan 2 sdm minyak goreng (boleh diganti mentega yg dicairkan)
  8. Ambil 80 ml susu cair segar (boleh diskip diganti air)
  9. Siapkan 80 ml air (kalau gak pakai susu berarti airnya 160ml ya)
  10. Gunakan cubit Mesis coklat untuk topping kue

Dorayaki ini berbentuk seperti dua pancake yang ditangkupkan menjadi satu, dengan isian pasta kacang merah di tengahnya. Nah, kalau teman-teman ingin menikmati dorayaki, sekarang tidak perlu pergi jauh-jauh ke Jepang. Di mangkuk yang berbeda kocok susu, gula, dan madu menjadi satu. Tambahkan susu dan aduk hingga rata.

Langkah-langkah membuat Adonan serba guna (kue cubit, martabak, pancake, dorayaki):
  1. Campur 2 butir telur, gula pasir, garam, vanili bubuk, dan baking powder. Aduk hingga gula larut dan berubah warna menjadi agak putih. Saya aduk pakai sendok biasa.
  2. Setelah tercampur rata, masukan minyak goreng, susu, dan air. Aduk kembali hingga terlihat buih-buihnya.
  3. Kemudian masukan terigu secara perlahan sambil diaduk rata. Adonan yang saya suka agak kental tidak terlalu cair, tapi kalau dirasa kurang cair boleh ditambahkan air atau susu secara perlahan ya sampai mendapatkan kekentalan yg diinginkan.
  4. Setelah tercampur rata, adonan diamkan selama 15 menit. Tujuannya agar baking powdernya bekerja dengan baik sehingga adonan ketika dimasukan ke cetakan akan mengembang dan memiliki tekstur yang bagus.
  5. Panaskan teflon untuk memasak adonannya. Saya menggunakan teflon yang memiliki 4 lubang. Karena menggunakan teflon tidak perlu lagi mengoleskan minyak ataupun mentega. Tunggu sampai teflon benar-benar panas agar adonan matangnya merata dan hasilnya cantik. Setelah teflon panas, masukkan adonan. Adonan yg baik maka akan terlihat ada tekstur rongganya dan adonan akan mengembang naik. Bisa dilihat di gambar.
  6. Untuk membuat kue cubit, pada saat setengah matang taburi mesis dan angkat segera untuk mendapatkan kematangan yg diinginkan.
  7. Untuk membuat pancake ataupun dorayaki, masak adonan sampai benar-benar matang yang ditandai dengan warna adonan matang kecoklatan bagian atas dan bawah. Ketika memasak jangan lupa dibalik agar matangnya merata dan hasilnya cantik.
  8. Untuk membuat sarang laba-laba. Tinggal tuangkan adonan secara berantakan di teflon.
  9. Untuk membuat martabak, masak di teflon dan tutup. Ketika hampir matang beri gula pasir, angkat dan beri toping sesuai selera. Pada kesempatan kali ini saya tidak membuat martabak. Kalau untuk martabak manis bisa jadi 1 loyang sesuai ukuran teflonnya. Ketika menuangkan adonan, ratakan adonan hingga ke pinggir teflon untuk mendapatkan hasil yg cantik seperti martabak yg umumnya dijual. Hehehe
  10. Berikut hasil akhir ketika dijadikan pancake atau dorayaki untuk stock teman makan ice cream.
  11. Hasil akhir adonan sebagai dorayaki dengan isi selai cokelat.

Tutup cetakan hingga kue cubit matang sempurna. Kue cubit beraneka rasa, siap dihidangkan. Resep Jajanan Unik Untuk Usaha Rumahan Brownies Beku Stik. Tahukah kamu jika kue brownies juga ternyata enak disantap dengan kondisi dingin atau beku, rupanya brownies beku tengah menjadi jajanan unik yang populer. Resep kue dorayaki sederhana asli jepang ini memiliki rasa yang enak dan juga lembut, maka dari itu admin akan mengajak sobat pos semuanya mencicipi dan membuat kue empuk yang disukai di kartun jepang siapa lagi kalau bukan doraemon, tokoh robot kucing yang pintar dan khas memiliki kantong ajaib diperutnya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Adonan serba guna (kue cubit, martabak, pancake, dorayaki) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved