Bagaimana Menyiapkan Sambal Cibiuk khas Garut Anti Gagal

Isabel Lloyd   29/06/2020 07:48

Sambal Cibiuk khas Garut
Sambal Cibiuk khas Garut

Sedang mencari inspirasi resep sambal cibiuk khas garut yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal cibiuk khas garut yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal cibiuk khas garut, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan sambal cibiuk khas garut yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

SAMBAL CIBIUK khas GARUT Sambal Cibiuk" menawarkan kesegaran dengan tomat mentah hijaunya. Apalagi jika disandingkan dengan nasi liwet ala rumah makan sunda. Cibiuk adalah nama sebuah wilayah di Kabupaten Garut.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan sambal cibiuk khas garut sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Sambal Cibiuk khas Garut menggunakan 9 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Sambal Cibiuk khas Garut:
  1. Sediakan 5 bh tomat hijau
  2. Gunakan 10 btr cabe rawit hijau
  3. Siapkan 3 btr bawang merah
  4. Sediakan 1 sdt gula merah
  5. Siapkan 2 cm terasi bakar
  6. Gunakan 2 cm kencur
  7. Gunakan Secukupnya garam
  8. Ambil Pelengkap :
  9. Gunakan Kemangi, jeruk limo

Cara Membuat Sambal Cibiuk - Sambal Cibiuk adalah sambal favorit di Jawa Barat, terutama Garut, yang menggunakan bahan-bahan yang semuanya Restoran khas Sunda ini memiliki sambel khas bernama Sambel Khas Cibiuk. Sambal Cibiuk Ceurik adalah sambal spesial khusus dari gaya khas. A sambal recipe speciality of Cibiuk village, Garut Regency, West Java. It consist of coarsely chopped and ground green bird's eye chili, green raw tomato, shallot, galangal, lemon basil, shrimp paste and salt.

Langkah-langkah membuat Sambal Cibiuk khas Garut:
  1. Haluskan cabe rawit, bawang merah, terasi, kencur, gula merah dan garam
  2. Masukkan tomat dan ulek kasar sampai tomat agak hancur
  3. Masukkan kemangi begitu saja, atau diulek dikit, sajikan dg perasan limau

Sambal Cibiuk merupakan sambal yang berasal dari Desa Cibiuk yang berada di Kabupaten Garut. Awalnya, sambal Cibiuk adalah sajian istimewa yang diberikan untuk tamu penting. Tapi saat ini sudah tersedia di banyak rumah makan untuk siapa saja yang ingin memesannya. Sambal cibiuk khas Garut menggunakan cabai hijau atau merah sebagai bahan utamanya. Biasanya lebih sering ditemukan sambal cibiuk hijau yang terbuat dari tomat dan cabai hijau.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Sambal Cibiuk khas Garut yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved