Resep Es kue gabus yang Bisa Manjain Lidah

Matilda Torres   08/11/2020 17:48

Es kue gabus
Es kue gabus

Sedang mencari ide resep es kue gabus yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal es kue gabus yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari es kue gabus, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan es kue gabus enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Es kue ini adalah salah satu jajanan favorit bunda ketika masih kecil dulu. Keberadaan es kue ini semakin jarang terlihat dikarenakan semakin gencarnya. Rindu dengan jajanan jaman dulu yang bernama Es Kue?

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat es kue gabus yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Es kue gabus menggunakan 4 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Es kue gabus:
  1. Sediakan 150 gr tepung hunkwe
  2. Siapkan 1 liter santan
  3. Gunakan 250 gr gula pasir
  4. Siapkan Sedikit garam

Simpan dalam freezer sampai beku dan mengeras, di makan pas panas dan es kue lagi dingin mantabbb 😋. Ada banyak resep kue gabus dengan rasa yang beragam, tapi rasa keju menjadi varian paling disuka. Di beberapa daerah, kue ini juga dikenal dengan nama widaran keju atau kue telur gabus. Es gabus sendiri terkenal sebagai es jadul atau jajanan tempo dulu di khasanah makanan Indonesia.

Langkah-langkah membuat Es kue gabus:
  1. Campurkan semua bahan kecuali pewarna makanan dalam 1 wadah. Aduk sampai gula larut dan tercampur rata
  2. Bagi adonan menjadi 2 bagian beri warna pada masing masing bagian
  3. Masak 1 bagian adonan hingga mendidih dan mengental
  4. Tuang adonan kedalam loyang
  5. Sambil menunggu bagian pertama dingin, masak adonan ke dua lalu tuang di atas warna pertama
  6. Setelah selesai masukkan kue ke kulkas (jangan di freezer) tunggu sampai dingin agar mudah dipotong
  7. Setelah kue dingin. Potong potong lalu bungkus dengan plastik
  8. Masukkan ke dalam freezer hingga beku

Es gabus biasanya dibuat dari tepung hunkwe, susu, dan pasta makanan. Tidak hanya buat jajanan, es gabus juga biasa disajikan untuk acara-acara nikahan, arisan, atau pertemuan keluarga. Es gabus bisa dibuat dengan bahan dasar buah-buahan, seperti menggunakan buah naga. Es gabus ini sangat menyehatkan dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Bahan yang diperlukan Mau tahu resepnya?

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Es kue gabus yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved