Resep Kue Gabus Gula Merah, Bikin Ngiler

Lucille Baldwin   07/08/2020 09:24

Kue Gabus Gula Merah
Kue Gabus Gula Merah

Anda sedang mencari inspirasi resep kue gabus gula merah yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kue gabus gula merah yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue gabus gula merah, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan kue gabus gula merah yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Assalamualaikum semuanya Berjumpa lagi dengan saya Bunda Lisna Kali ini saya akan berbagi tips cara membuat "Telor gabus gula merah" Semoga bermanfaat ya. Untuk membuat lapisan gula : Masak gula pasir, gula merah, air dan vanili hingga kental. Kue awug ini begitu populer di tengah-tengah masyarakat.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan kue gabus gula merah sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Kue Gabus Gula Merah menggunakan 12 bahan dan 13 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Kue Gabus Gula Merah:
  1. Siapkan 200 gram tepung ketan putih
  2. Gunakan 1/2 sdt garam
  3. Ambil Secukupnya minyak (untuk goreng)
  4. Sediakan 100 ml santan kental (me : kara 65ml + air)
  5. Gunakan 1 butir telor
  6. Sediakan 1 sdm wijen (me : skip)
  7. Ambil Secukupnya vanili (tambahan sy)
  8. Sediakan 1/2 lembar daun pandan (tambahan sy)
  9. Gunakan Bahan Lapisan Gula :
  10. Gunakan 75 gram gula pasir
  11. Gunakan 100 gram gula merah (me : 2 balok)
  12. Gunakan 125 ml air

GenPI.co - Pernah dengar nama kue pasung gula merah? Ini adalah panganan khas masyarakat Lebak Banten yang nikmatnya bikin ketagihan. Ada banyak resep kue gabus dengan rasa yang beragam, tapi rasa keju menjadi varian paling Minyak untuk menggoreng secukupnya. Hilangkan saja penggunaan gula dan keju.

Langkah-langkah menyiapkan Kue Gabus Gula Merah:
  1. Siapkan bahan2
  2. Masukan garam
  3. Masukan vanili
  4. Masukan telur
  5. Masukan santan perlahan2 sambil di remas2
  6. Remas2 sampai adonan kalis
  7. Bentuk adonan sesuai selera
  8. Masukan adonan dalam minyak dingin
  9. Ketika sudah masuk semua mulai nyalakan api kompor (api kecil)
  10. Jika adonan sudah mulai ngembang dan mulai agak keras aduk pelan2
  11. Angkan dan sisihkan. Lanjutkan menggoreng sampai habis.
  12. Masukan gula merah, gula pasir, daun pandan dan air. Masak smpai kental
  13. Masuk sampai kental lalu masukan telur gabus. Aduk2 cepat sampai rata.

Ketika dimakan teksturnya renyah mirip dengan gabus (sedikit empuk) dan bercitarasa gurih-asin. Wajan ini terbuat dari Alluminium Alloy Substrat berlapiskan teflon anti lengket dan bisa untuk semua jenis kompor sehingga kue akan matang merata. Diamkan kue telur gabus sampai benar-benar dingin. Lelehakan gula arena tau gula merah ke dalam kuali besar. Setelah dingin, celupkan kedalam gula aren yang sudah dilelehkan.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Kue Gabus Gula Merah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved