Langkah Mudah untuk Membuat Pecel Sayur Sambel Tumpang DaMuDza yang Enak Banget

Mabelle Francis   06/12/2020 23:12

Pecel Sayur Sambel Tumpang DaMuDza
Pecel Sayur Sambel Tumpang DaMuDza

Lagi mencari inspirasi resep pecel sayur sambel tumpang damudza yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pecel sayur sambel tumpang damudza yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pecel sayur sambel tumpang damudza, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan pecel sayur sambel tumpang damudza enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat pecel sayur sambel tumpang damudza sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Pecel Sayur Sambel Tumpang DaMuDza menggunakan 25 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Pecel Sayur Sambel Tumpang DaMuDza:
  1. Siapkan 200 gram tempe bosok/semangit
  2. Gunakan 1 buah tahu goreng, potong 4 bagian
  3. Sediakan 2 lembar daun salam
  4. Ambil 1 lembar daun jeruk
  5. Sediakan 2 cm lengkuas
  6. Ambil 2 cm kencur
  7. Siapkan 4 buah cabe merah
  8. Siapkan 2 buah cabe rawit
  9. Siapkan 3 siung bawang merah
  10. Gunakan 2 siung bawang putih
  11. Siapkan 1 butir kemiri
  12. Sediakan 1 sachet santan bubuk Santan Pas
  13. Gunakan 1200 cc air
  14. Gunakan Secukupnya garam, gula pasir dan kaldu merang
  15. Ambil Bahan pecel:
  16. Gunakan Bayam rebus
  17. Gunakan Kecipir iris rebus
  18. Gunakan Wortel potong korek api rebus
  19. Gunakan Taoge pendek mentah
  20. Ambil Kemangi mentah
  21. Ambil Timun cacah mentah
  22. Gunakan Bumbu pecel
  23. Siapkan Pelengkap:
  24. Sediakan Peyek/gimbal
  25. Ambil Bothok daging (adanya lauk cuman itu)
Cara menyiapkan Pecel Sayur Sambel Tumpang DaMuDza:
  1. Rebus tempe, daun salam, daun jeruk, lengkuas, kencur, cabe, kemiri, bawang merah, bawang putih, selama kurleb 20 menit atau sudah matang tempe.
  2. Tiriskan tempe, kencur, cabe, kemiri, bawang merah, dan bawang putih, lalu haluskan masukkan kembali ke dalam panci berisi air rebusan tadi.
  3. Bumbui dengan garam, gula pasir, dan kaldu merang, aduk rata masukkan tahu goreng, santan bubuk, rebus kembali selama ±10 menit atau sampai bumbu merasuk. Matikan kompor.
  4. Tata dalam piring. Nasi, sayuran rebus tuangi bumbu pecel taburi dengan taoge, kemangi, dan timun. Tuangi lagi dengan sambel tumpang dan tahunya, tak lupa peyek dan lauk pendamping lainnya. Cara makannya kudu dicampur jadi nnti terasa manis gurih.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat pecel sayur sambel tumpang damudza yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved