Bagaimana Membuat Sambal hijau / sambal Cibiuk Anti Gagal

Cora Boone   05/09/2020 21:37

Sambal hijau / sambal Cibiuk
Sambal hijau / sambal Cibiuk

Lagi mencari ide resep sambal hijau / sambal cibiuk yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal hijau / sambal cibiuk yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya untuk membuat sambal seperti sambal bawang,sambal terasi,sambal hijau padang ataupun sambal tomat bahan bahan dasar yang digunakan dalam kondisi. Cara Membuat Sambal Cibiuk - Sambal Cibiuk adalah sambal favorit di Jawa Barat, terutama Garut, yang menggunakan bahan-bahan yang semuanya hijau / hijau dan segar, dari penggunaan cabai hijau, tomat hijau, hingga daun kemangi hijau. Mungkin di Bandung itu disebut Sambal Hejo atau.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal hijau / sambal cibiuk, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan sambal hijau / sambal cibiuk yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan sambal hijau / sambal cibiuk sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Sambal hijau / sambal Cibiuk menggunakan 11 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Sambal hijau / sambal Cibiuk:
  1. Siapkan 20 buah cabai rawit hijau
  2. Gunakan 10 buah cabai keriting hijau
  3. Gunakan 3 siung bawang putih
  4. Gunakan 5 siung bawang merah
  5. Ambil 1/2 ruas jari kencur / cikur
  6. Gunakan 2 buah tomat hijau
  7. Siapkan Secukupnya kemangi
  8. Siapkan 1/4 sdt terasi matang (saya pakai yg sudah dipanggang)
  9. Gunakan Bumbu : garam, gula putih, kaldu jamur
  10. Gunakan Secukupnya minyak utk menggoreng beberapa bahan
  11. Ambil 1 buah jeruk limo

Sambal hijau cibiuk yang pedas nan segar ini siap Anda sajikan untuk keluarga. Sambal cibiuk menggunakan tomat muda berwarna hijau, daun kemangi, cabe rawit hijau, serta terasi. Sambal cibiuk rasanya pedas asam, sangat segar. Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik.

Cara membuat Sambal hijau / sambal Cibiuk:
  1. Potong cabai keriting, lalu goreng bersama dengan bawang merah, bawang putih. Sampai agak layu lalu angkat.
  2. Bahan yg sudah di goreng tadi pindah kan ke cobek, tambahkan terasi, kencur, garam 1sdt, gula 1 1/2 sdt, kaldu jamur 1/2sdt.
  3. Ulek bahan yang digoreng terlebih dahulu, lalu tambahkan cabai rawit sedikit2 ulek lagi sampe agak halus..
  4. Tes rasa..kalo oke masukan tomat hijau dan kemangi..
  5. Terakhir kasih jeruk limo supaya wangi dan seger 😆..makan deh pake nasi hangat 😊
  6. Selamat mencoba yaa 😁

KOMPAS.com - Sambal cibiuk adalah salah satu kreasi sambal khas Garut, Jawa Barat. Rasanya yang segar didapat dari penggunaan tomat hijau dan daun kemangi yang harum. Ada dua jenis sambal cibiuk, ada yang berwarna merah dan ada juga yang berwarna hijau. Sambal is an Indonesian chili sauce or paste typically made from a mixture of a variety of chili peppers with secondary ingredients such as shrimp paste, garlic, ginger, shallot, scallion, palm sugar. Sambal cibiuk khas Garut menggunakan cabai hijau atau merah sebagai bahan utamanya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Sambal hijau / sambal Cibiuk yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved