Cara Gampang Menyiapkan Sambel Cibiuk Anti Gagal

Jon Arnold   10/10/2020 14:08

Sambel Cibiuk
Sambel Cibiuk

Anda sedang mencari inspirasi resep sambel cibiuk yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sambel cibiuk yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya untuk membuat sambal seperti sambal bawang,sambal terasi,sambal hijau padang ataupun sambal tomat bahan bahan dasar yang digunakan dalam kondisi. Sambel Cibiuk merupakan makanan khas kota Garut persisnya di Kacamatan Cibiuk. Sambel ini sepintas tidak berbeda dengan sambel pada umumnya.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambel cibiuk, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan sambel cibiuk enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sambel cibiuk yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sambel Cibiuk menggunakan 10 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Sambel Cibiuk:
  1. Sediakan 1 siung bawang putih, saya pilih uk besar
  2. Sediakan 3 cm kencur
  3. Sediakan 1 sachet terasi
  4. Ambil 1/4 sdt garam
  5. Ambil 1/4 sdt gula pasir
  6. Siapkan 20 buah cabe rawit hijau
  7. Ambil 1 sdm gula merah (saya pake bubuk)
  8. Ambil 3 buah tomat hijau uk sedang, iris halus
  9. Sediakan 1 genggam daun kemangi, cuci bersih
  10. Sediakan 1/2 buah jeruk nipis

Ada dua jenis sambal cibiuk, ada yang berwarna merah dan ada juga yang. Sambal cibiuk rasanya pedas asam, sangat segar. Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Sambel Cibiuk merupakan makanan khas kota Garut persisnya di Kacamatan Cibiuk.

Cara menyiapkan Sambel Cibiuk:
  1. Haluskan bawang putih, kencur, terasi dan sejumput garam dan gula pasir
  2. Masukkan rawit hijau, gula merah dan irisan tomat, ulek kasar
  3. Campur daun kemangi sambil dibejek bejek, beri perasan jeruk nipis
  4. Rasanya seger, bisa disantap bersama ikan goreng atau tahu tempe goreng

Sambel ini sepintas tidak berbeda dengan sambel pada umumnya. Namun jika dilihat dari bahan dan rasanya. Cara Membuat Sambal Cibiuk - Sambal Cibiuk adalah sambal favorit di Jawa Barat, terutama Garut, yang menggunakan bahan-bahan yang semuanya hijau / hijau dan segar. Sambal cibiuk khas Garut menggunakan cabai hijau atau merah sebagai bahan utamanya. Biasanya lebih sering ditemukan sambal cibiuk hijau yang terbuat dari tomat.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Sambel Cibiuk yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved