Resep Kue ketawa / onde onde ketawa Anti Gagal

Martha Johnston   02/11/2020 10:15

Kue ketawa / onde onde ketawa
Kue ketawa / onde onde ketawa

Sedang mencari ide resep kue ketawa / onde onde ketawa yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue ketawa / onde onde ketawa yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue ketawa / onde onde ketawa, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan kue ketawa / onde onde ketawa yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Bila menginginkan onde-onde yang 'senyum', bisa langsung goreng seperti biasa. Tapi jika ingin onde-onde yang 'ngakak', bisa digunting sedikit permukaannya sebelum digoreng. Nama yang cukup unik untuk panganan khas Jakarta ini namun jika dilihat dari segi bentuknya memang hampir mirip kue roti goreng atau apem bunga mekar tapi tetap secara rasa dan tekstur-nya sangat berbeda.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah kue ketawa / onde onde ketawa yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Kue ketawa / onde onde ketawa menggunakan 13 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Kue ketawa / onde onde ketawa:
  1. Ambil Bahan adonan:
  2. Sediakan 250 g tepung terigu
  3. Ambil 30 g tepung maizena
  4. Gunakan 120 g gula pasir (sesuai selera)
  5. Gunakan 2 butir telur
  6. Sediakan 1/4 sdt soda kue
  7. Gunakan 1/2 sdt vanili
  8. Sediakan 1/2 sdt baking powder
  9. Sediakan 40 g margarin
  10. Sediakan 1/2 sdt garam
  11. Siapkan Bahan balutan
  12. Ambil secukupnya Air
  13. Siapkan 100 g wijen (secukupnya)

Namanya yang unik ini terinspirasi dari bentuk kue yang merekah lebar seperti orang yang sedang tertawa. Onde-onde adalah kudapan, kue goreng atau makanan ringan sebagai cemilan dan termasuk jenis kue basah tradisional dengan dimasak dengan cara di goreng tapi tetap empuk dan lembut dan ada yang renyah garing kriuk, sehingga disebut onde onde pecah dan di Sumatera disebut Roti Ketawa. Kue onde-onde memiliki berbagai macam jenis, dan mengapa kue onde-onde kali ini disebut dengan onde-onde ketawa? Hal ini disebabkan karena kue onde-onde ini memiliki bentuk yang merekah serta terlihat sangat cantik.

Langkah-langkah membuat Kue ketawa / onde onde ketawa:
  1. Kocok telur dan gula sampai gula larut
  2. Masukkan margarin, garam, soda kue, baking powder, dan vanili aduk sampai tercampur rata
  3. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit setelah tercampur masukkan tepung maizena aduk rata
  4. Setelah tercampur rata bulatkan sesuai selera besar kecilnya
  5. Celupkan adonan yang sudah di bulatkan kedalam air lalu gulingkan ke wijen. Tekan pelan agar wijen lebih menempel
  6. Goreng pada minyak panas api kecil. Jangan lupa di balik agar matang merata. Kalau sudah coklat keemasan bisa di angkat dan di sajikan. Videonya bisa cek di sini ya https://youtu.be/R9goqPvAvDc
  7. Buat lagi, ukurannya lebih kecil

Onde-onde merupakan camilan tradisional khas Indonesia yang sudah sangat terkenal sekali, tidak hanya di Indonesia saja tetapi camilan satu ini juga sudah Untuk membuat camilan onde-onde ketawa ini sebenarnya sangatlah mudah sekali, bahkan tanpa skill khusus pun Anda bisa membuatnya. Resep Kue Ketawa Onde Onde Ketawa. Resep Onde Onde Ketawa Pecah Yang Empuk Dan Renyah. Resep Kue Keciput Wijen Beserta Tips Trik. Onde-onde termasuk jajanan tradisional khas Indonesia yang mulai jarang ditemukan.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat kue ketawa / onde onde ketawa yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved