Cara Gampang Membuat Kue Keciput (Onde Onde Kering) yang Bisa Manjain Lidah

Mabel McCormick   21/11/2020 13:11

Kue Keciput (Onde Onde Kering)
Kue Keciput (Onde Onde Kering)

Lagi mencari ide resep kue keciput (onde onde kering) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue keciput (onde onde kering) yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue keciput (onde onde kering), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan kue keciput (onde onde kering) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Kue kering ekonomis keciput tanpa telur tetap renyah rahasianya ada pada video berikut ini. Cocok untuk bisnis kue kering lebaran modal kecil. Resep kue onde onde biji wijen ini merupakan karya asli para leluhur bangsa kita tempo dulu. dan karena kelezatan rasanya maka hingga saat ini masih sangat digemari dan menjadi jajanan favorit keluarga.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah kue keciput (onde onde kering) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Kue Keciput (Onde Onde Kering) menggunakan 12 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Kue Keciput (Onde Onde Kering):
  1. Sediakan Bahan kering
  2. Ambil 100 gr Tepung Ketan
  3. Gunakan 2 Sdm Tepung Tapioka
  4. Ambil 1/2 Sdt Garam
  5. Gunakan 1/2 Sdt Baking Powder
  6. Sediakan Bahan basah
  7. Gunakan 1 butir Telur
  8. Sediakan 2 Sdm Gula
  9. Ambil 1/2 Sdt Perisa Vanilla
  10. Sediakan Bahan tambahan
  11. Sediakan Secukupnya Wijen
  12. Gunakan 1 pcs Santan Instan

Namun yang membedakan kalau onde-onde ada. Kue keciput terlihat mirip dengan kue onde-onde, namun berukuran mini dan rasanya sangat renyah. Kue ini 'polos' tanpa isian dan bagian luarnya juga berbalur biji wijen. Yuk, cari tahu cara membuatnya sendiri agar lebih istimewa.

Cara membuat Kue Keciput (Onde Onde Kering):
  1. Campurkan semua bahan kering
  2. Siapkan wadah terpisah, masukkan bahan basah dan dikocok lepas menggunakan garpu sampai berbusa
  3. Tuangkan adonan kering kedalam adonan basah secara perlahan sampai dipastikan tercampur, tambahkan santan sampai dirasa adonan sudah mulai kalis sperti digambar dan buat adonan menjadi bola bola kecil
  4. Siapkan wijen dalam wadah dan masukkan adonan yang sudah dibentuk
  5. Goreng menggunakan api kecil sampai kecoklatan
  6. Kue keciput sudah siap

In Sumatra, onde-onde refer to klepon. Kue ongol-ongol, sweet cake made of sago, salt, pandan leaf and palm sugar. Kue pai ti, thin and crispy pastry tart shell kue filled with a spicy, sweet mixture of thinly sliced vegetables and prawns. Kue ini mirip dengan onde-onde karena bagian luarnya dibalut dengan kacang wijen, hanya saja ukurannya kecil dan memiliki rasa yang gurih. It is called "onde-onde" in Sumatra and Malay Peninsula.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat kue keciput (onde onde kering) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved