Resep Kue Cenil Tabur Kelapa Parut yang Menggugah Selera

Christine Roy   13/10/2020 10:25

Kue Cenil Tabur Kelapa Parut
Kue Cenil Tabur Kelapa Parut

Lagi mencari ide resep kue cenil tabur kelapa parut yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue cenil tabur kelapa parut yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue cenil tabur kelapa parut, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan kue cenil tabur kelapa parut yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Kue Cenil Tabur Kelapa Parut Dengan adanya isu wabah yg sedang melanda negeri kita, maka kita sebagai istri harus pinter² bikin cemilan biar suami jajannya #DiRumahAja. Nah krn ada stok bahan dirumah jadi dimanfaatin aja, kebetulan didepan rumah juga ada pohon kelapa yg lagi berbuah banyak. Resep Kue Cenil Kelapa Parut Kenyal Manis Gurih - Menjelang sore banyak para pedagang yang nongkrong di pinggiran jalan seperti pedagang kue-kue basah, gorengan, dan lain sebagainya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat kue cenil tabur kelapa parut sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Kue Cenil Tabur Kelapa Parut memakai 11 bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Kue Cenil Tabur Kelapa Parut:
  1. Siapkan Bahan taburan :
  2. Ambil 150 gram kelapa parut (setengah tua)
  3. Ambil Sejumput Garam
  4. Siapkan Secukupnya gula pasir
  5. Siapkan Bahan Cenil :
  6. Gunakan 100 gram/10 sdm tepung terigu
  7. Gunakan 100 gram/10 sdm tepung tapioka
  8. Ambil 130 ml air hangat
  9. Sediakan Sejumput garam
  10. Sediakan Secukupnya pewarna makanan (aku pakai pasta pandan & merah rose)
  11. Gunakan NB: untuk air hangatnya bisa ditambahin/dikurangin ya

Penggunaan warna-warna cerah serta penambahan kelapa parut dan gula pasir membuat tampilan serta rasa kue tradisional ini semakin menarik. Kue sagon merupakan kue khas Lebaran yang terbuat dari tepung beras ketan, campuran kelapa parut tua, margarin, gula pasir, dan vanili. Kue sagon memiliki rasa yang manis dan gurih. Kue cenil adalah kudapan yang cukup populer di Indonesia, yang berasal dari Jawa Tengah.

Cara membuat Kue Cenil Tabur Kelapa Parut:
  1. Siapkan semua bahan terlebih dahulu.
  2. Kukus parutan kelapa yg sudah dicampur dengan garam kira² 10 menit. Setelah itu sisihkan.
  3. Masukan tepung terigu, tepung tapioka, dan garam. Aduk sampai rata.
  4. Setelah itu beri air sedikit demi sedikit, aduk sampai adonan tercampur rata.
  5. Bagi adonan menjadi 3, taruh dalam wadah. Masing² diberi pewarna, satu warna pasta pandan, dua merah rose dan yg ketiga ngga perlu diberi warna.
  6. Ambil adonan sedikit, bentuk menjadi stik atau sesuai selera. Sisihkan. Lakukan sampai adonan habis.
  7. Rebus air hangat dengan panci. Setelah mendidih, masukan adonan yg berwarna putih terlebih dahulu. Tunggu sampai adonan mengapung (tanda sudah matang), angkat dan tiriskan.
  8. Lakukan hal yg sama sampai adonan pandan dan rose nya habis.
  9. Setelah semua adonan sudah direbus, masukan dalam parutan kelapa. Aduk² sampai adonan tidak ada yg menempel satu dengan yg lain.
  10. Taburin dengan gula pasir secukupnya. Kue cenil siap disajikan ditemani dengan teh anget. Selamat mencoba ya bunda.

Warnanya yang semarak membuat camilan ini jadi favorit hampir semua orang mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Rasanya pun sangat nikmat dengan teksturnya yang kenyal. Kekenyalan ini didapat karena bahan dasar pembuatan kue ini adalah tepung sagu atau tepung kanji. Berbagai jajanan nusantara dengan taburan kelapa parut mudah ditemui di seluruh pelosok daerah. Selain sebagai topping, kelapa parut tersebut rupanya menambah cita rasa jajanan menjadi lebih gurih dan nikmat.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat kue cenil tabur kelapa parut yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved