Bagaimana Menyiapkan Paklay Sayur Sehat, Lezat Sekali

Teresa Hodges   10/11/2020 19:50

Paklay Sayur Sehat
Paklay Sayur Sehat

Anda sedang mencari ide resep paklay sayur sehat yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal paklay sayur sehat yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Paklay, Paklay sayur enak lainnya. paklay recipe baka paklay recipe youtube paklay recipe cebu style paklay recipe pictures spicy paklay recipe paklay baboy recipe paklay kambing recipe paklay ilonggo recipe paklay recipe. This paklay recipe involves the use pig and cow innards. It is popular in the southern parts of the Philippines an enjoyed as a main dish or as pulutan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari paklay sayur sehat, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan paklay sayur sehat enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan paklay sayur sehat sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Paklay Sayur Sehat memakai 13 jenis bahan dan 15 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Paklay Sayur Sehat:
  1. Gunakan 2 buah wortel ukuran sedang
  2. Ambil 1/4 bagian bunga kol ukuran besar
  3. Ambil 7 batang jagung muda (janten)
  4. Gunakan 10 batang buncis
  5. Sediakan 5 siung bawang putih
  6. Ambil 1 siung bawang bombay ukuran sedang
  7. Gunakan 1 sdt gula pasir atau sesuai selera
  8. Gunakan 1 sdt merica bubuk atau sesuai selera
  9. Sediakan 1 sdt garam halus atau sesuai selera
  10. Siapkan 3 sdm tepung maizena
  11. Ambil 200 ml air matang suhu ruang untuk melarutkan maizena
  12. Gunakan 350 ml air matang suhu ruang untuk campuran ketika memasak
  13. Ambil 5 sdm minyak goreng untuk menumis

Masakan Paklay ini masakan yang sehat ya ada sayurnya ada proteinnya,, juga bisa buat menu diet ya makan sayur dan protein. Khasiat.co.id - Sayur Pakis adalah nama sebuah sayuran dari golongan tumbuhan paku yang memang kerap dijadikan sayuran. Pakis jenis ini biasanya tumbuh di dekat sungai dan tergolong. Resep Salad Buah dan Sayur Sehat dengan Bahan Sederhana.

Cara membuat Paklay Sayur Sehat:
  1. Kalau masaknya saja cepet. Preparenya yang agak lama. Potong-potong, iris-iris, geprek geprek 😊
  2. Karena bosen bentuk wortel yang bulat, saya beri sedikit aksen. Cara bikin aksennya semua sudah tahu pasti yaa😊. Sesudah dibikin aksen, diiris, jangan terlalu tipis biar masih renyah waktu dihidangkan nanti.
  3. Sisa pembuatan aksen wortelnya tidak saya buang. Akan saya gunakan pada resep Koloke Ayam Crispy, untuk campuran sausnya.
  4. Jagung muda diiris serong, tebal irisan sama dengan wortel. Buncis, setelah disiangi sulurnya, dipotong 3 cm.
  5. Bunga kolnya, jangan dipotek terlalu kecil juga. Bagian batang (bukan bonggol) bisa digunakan, saya belah jadi dua, biar isinya paklay banyak.
  6. Irisan bawang bombaynya.
  7. Geprekan bawang putihnya.
  8. Siapkan wajan dan tutupnya. Masukkan minyak goreng, panaskan dengan api besar biru. Masukkan bawang putih dan bawang bombay, tumis hingga berbau harum.
  9. Masukkan wortel, bunga kol, dan jagung muda, ratakan dengan tumisan bawang bombay dan bawang putih.
  10. Tambahkan merica, garam, dan gula pasir, aduk rata. Lalu tambahkan 150 ml air matang suhu ruang.
  11. Tutup wajan 3-4 menit, agar sayur matang.
  12. Sementara menunggu, larutkan maizena dengan 200 ml air matang suhu ruang, jangan air es, jangan air panas. Larutkan sampai rata yaa….
  13. Buka tutup wajan, pastikan warna sayur sudah matang tapi juga jangan lembek. Aduk sekali lagi. Lalu perlahan tambahkan maizena (saya dua step, separuh gelas dulu, aduk rata, separuh gelas lagi, aduk rata).
  14. Aduk terus sampai benar-benar mengental, masukkan buncis (sengaja belakangan biar tidak lembek), tambahkan 200 ml air matang suhu ruang. Aduk rata sampai mengental. Aduk berkala selama 3-4 menit agar buncis matang.
  15. Siap disajikan. (Foto bukan porsi utuh, soalnya jadinya banyak 😁)

Salad sayur terdiri dari berbagai macam sayuran segar, sayur dapat disesuaikan dengan seleramu. Malas makan sayur karena rasanya hambar? Coba dulu pilihan resep sayur berikut ini! Temukan berbagai resep sayuran yang sehat dan lezat di sini. Mulai dari resep tumis buncis, kangkung. sayur-buah-sehat.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat paklay sayur sehat yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved