Langkah Mudah untuk Membuat Soto ayam ambengan, Enak Banget

Louis Brown   06/11/2020 04:29

Soto ayam ambengan
Soto ayam ambengan

Anda sedang mencari inspirasi resep soto ayam ambengan yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto ayam ambengan yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto ayam ambengan, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan soto ayam ambengan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Soto Ayam Ambengan Pak Sadi (ASLI) Jakarta; Soto Ayam Ambengan Pak Sadi (ASLI), Senopati; Get Menu, Reviews, Contact, Location, Phone Number, Maps and more for Soto Ayam Ambengan Pak Sadi (ASLI) Restaurant on Zomato. Soto ayam Ambengan has a yellow colored soup since turmeric is one of must have spices to make the soup, and koya is always added when enjoying a bowl of this soup. Koya is a powdery mixture made from crushed shrimp crackers ( kerupuk udang ) and fried garlic, good stuff I am telling you, it amps up the umami taste by a lot.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah soto ayam ambengan yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Soto ayam ambengan memakai 19 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Soto ayam ambengan:
  1. Gunakan 1 ekor ayam kampung
  2. Ambil 2 liter air untuk merebus
  3. Ambil 5 lembar daun jeruk
  4. Sediakan 3 cm lengkuas,memarkan
  5. Sediakan 2 batang serai,memarkan
  6. Sediakan 2 batang daun bawang,potong2 (untuk kaldu)
  7. Gunakan secukupnya Garam,gula dan kaldu bubuk
  8. Siapkan Minyak untuk menggoreng dan menumis
  9. Gunakan Haluskan :
  10. Sediakan 10 butir bawang merah
  11. Sediakan 5 siung bawang putih
  12. Ambil 3 cm kunyit,bakar
  13. Sediakan 1 sdt lada butir
  14. Sediakan Pelengkap 👇
  15. Siapkan 150 gr kol,iris halus
  16. Gunakan 100 gr soun,seduh air panas tiriskan
  17. Sediakan 4 butir telur,rebus,belah dua
  18. Ambil 1 batang daun bawang,iris halus
  19. Ambil Bawang merah goreng,bawang putih goreng dan jeruk nipis

Berbeda dengan Soto Ayam dari daerah lainnya di Indonesia, makanan khas Surabaya ini warna kuahnya lebih kuning pekat karena memakai kunir dalam pembuatannya. Nama Soto Ayam Ambengan adalah berasal dari depot Soto Ayam Pak Sadi yang terletak di Jalan Ambengan Surabaya. Sekilas, soto ini terlihat sama dengan soto ayam Lamongan karena kuah keduanya yang berwarna bening kuningan. Selain itu, soto Ambengan juga terdiri dari soun, suwiran daging ayam, serta kol.

Cara membuat Soto ayam ambengan:
  1. Rebus ayam bersama garam sampai empuk dan kaldu sisa 1,5 liter. Angkat daging ayam,goreng sampai kuning kecoklatan. Suwir suwir daging ayam dan kulitnya. Sisihkan tulangnya.
  2. Panaskan 3 sdm minyak,tumis bumbu halus,daun jeruk,serai dan lengkuas sampai harum dan matang. Angkat,masukkan tumisan kedalam air kaldu.
  3. Didihkan kaldu bersama tulang ayam dengan api kecil. Masukkan daun bawang,kaldu dan gula pasir. Aduk,masak sampai kuah soto menjadi pekat. Koreksi rasa. Angkat.
  4. Atur irisan kol,soun,ayam goreng suwir dan telur rebus dalam mangkuk. Tuang kuah soto panas panas. Taburi irisan bawang goreng dan daun bawang. Sajikan soto dengan irisan jeruk nipis dan sambal.

Akan tetapi, ciri khas yang membedakannya adalah adanya taburan bubuk koya yang membuat rasanya bertambah gurih. Resep soto ambengan yang khas dari surabaya ini juga menjadi salah satu makanan yang disukai banyak orang. Bahkan para penjual soto ini banyak diserbu oleh para pembeli. Untuk yang ingin pergi ke surabaya, maka jangan lupa untuk mencicipi soto ambengan khas surabaya ini. Tapi menikmati soto ayam ambengan tidak harus pergi ke Surabaya.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Soto ayam ambengan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved