Resep Kue Onde-onde yang Lezat Sekali

Mathilda Harrison   28/08/2020 14:29

Kue Onde-onde
Kue Onde-onde

Sedang mencari ide resep kue onde-onde yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kue onde-onde yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue onde-onde, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan kue onde-onde yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Onde-Onde is one of the traditional kuih in Malaysia (kuih is term for Malaysian cakes, pastries if you will). They are either made from sweet potato or glutinous rice flour. The cute little onde-onde-also spelled as ondeh-obdeh-are infused with pandan (screwpine leaf) juice and filled with "Gula Melaka" or palm sugar and then rolled in with some fresh grated coconut.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat kue onde-onde yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Kue Onde-onde memakai 5 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Kue Onde-onde:
  1. Ambil 1/2 bungkus tepung Rosbrand ketan
  2. Siapkan Gula merah potong dadu sebanyak yg di inginkan
  3. Ambil parutan Kelapa tidak trlalu tua atau pun muda
  4. Ambil secukupnya Air
  5. Sediakan pasta pandan sebagai pewarna

Kue berwarna hijau yang cantik ini akan menjadi sorotan di meja hidangan penutup pada pesta dan dengan isinya yang lezat akan membuat setiap tamu mengambil ulang. Panggang kue ini sehari sebelumnya, namun hati-hati jangan dihabiskan sebelum acara. Resep kue onde-onde memang tidak ribet dan pastinya yakin saja Anda juga pasti bisa praktek sendiri di dapur kesayangan Anda dirumah. Daripada ada waktu luang tapi digunakan untuk sesuatu yang unfaedah, lebih baik Anda belajar mencoba aneka resep masakan, makanan dan camilan yang enak.

Cara membuat Kue Onde-onde:
  1. Buat adonan dengan mencapurkan tepung ketan dan air secukupnya. Tambahkan pasta pandan supaya berwarna dan enak dipandang. Usahakan agar tidak terlalu lembek ataupun keras. Tapi sebenarnya tergantung selera anda sih. kalau suka yg agak lembek yah banyaki airnya
  2. Sementara mengoyak adonan, panaskan air 3 gelas dalam panci. supaya waktu di gunakan se efisien mungkin
  3. Setelah adonan selesai, ambil sedikit adonan sebesar kelereng. masukan sebiji gula merah yg berbentuk dadu kedalamnya. kemudian bentuk bola-bola. usahakan gula merah tidak nongol sedikit pun.
  4. Rebus bola-bola tepung ke dalam air yang mendidih. tnggu sampe bola2nya mengapung.
  5. Setelah mengapung, angkat dan simpan di piring. tubari kelapa di atasnya. Buat kelapa tertempel di sisi bola2 itu
  6. Onde-onde siap di hidangkan

Jika Anda suka dengan resep ini, jangan lupa bagikan ke sosmed ya! Kuih onde onde ini adalah antara kuih yang saya biasa menengok Bonda saya sediakan sejak saya kecil lagi terutama di bulan Ramadhan. Pada waktu itu, setiap kali mahu membuat kuih saya akan ditugaskan untuk mengisar beras pulut dengan batu pengisar besar. Masukkan sesudu beras atau beras pulut dan pusing batu tu perlahan lahan hingga keluar tepung yang dikisar ke dalam kain penapis. Resep Onde Onde - Onde onde merupakan salah satu cemilan tradisional Indonesia.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Kue Onde-onde yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved