Cara Gampang Menyiapkan Kue Balok (Kue Santan) Anti Gagal

Ruth Obrien   10/08/2020 00:52

Kue Balok (Kue Santan)
Kue Balok (Kue Santan)

Lagi mencari inspirasi resep kue balok (kue santan) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue balok (kue santan) yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Kue Balok (Kue Santan) enak lainnya! Kue dengan dengan campuran santan pun cocok jadi camilan ketika kumpul bersama keluarga maupun kerabat. Untuk menghidangkannya, kamu nggak perlu repot-repot beli di pasar atau ke toko.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue balok (kue santan), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan kue balok (kue santan) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan kue balok (kue santan) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Kue Balok (Kue Santan) menggunakan 9 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Kue Balok (Kue Santan):
  1. Siapkan 75 gram tepung terigu
  2. Gunakan 1 butir telur
  3. Siapkan 1 sdm susu bubuk
  4. Gunakan 3 sdm santan kental (saya pakai kara)
  5. Sediakan 1/2 sdt baking powder
  6. Gunakan 1/2 sdt baking soda (saya skip)
  7. Ambil 100 gram gula merah serut halus
  8. Gunakan 1/4 sdt vanili bubuk
  9. Ambil 1/4 sdt garam

Kue yang berbentuk balok ini tidak tergerus oleh makanan-makanan moderen yang berasal dari luar negeri. Bahkan belakangan semakin banyak bermunculan pedagang kue ini di kafe dan di kedai-kedai. Resep kue balok brownies lumer akhir-akhir memang menjadi banyak incaran pecinta kuliner dengan cita rasa manis. Banyak yang penasaran mengenai susunan bahan yang membangun rasa kue balok menjadi legit.

Langkah-langkah menyiapkan Kue Balok (Kue Santan):
  1. Panaskan oven.Siapkan loyang loaf 18x8x7 cm, alasi kertas roti, oles dengan mentega dan taburi tepung. Ayak terigu, baking powder, garam, vanili dan susu bubuk.
  2. Kocok gula merah dan telur hingga mengembang, gunakan whisk saja.
  3. Tuang kocokan telur ke dalam tepung aduk rata (aduk 1 arah saja). Masukkan santan, aduk rata.
  4. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan.
  5. Panggang selama 30 menit atau sampai matang.

Oleh karena itu, berikut ini akan dijelaskan resep bahan sekaligus cerita singkat mengenai asal dari kue balok brownise lumer itu sendiri. Fimela.com, Jakarta Jika pernah jalan-jalan ke Bandung dan mencari oleh-oleh khas di sana, mungkin kamu pernah mendengar atau tentang kue balok atau mencobanya. Hampir mirip dengan konsep molten cake, kue balok ini memang enak dinikmati selagi hangat karena ada cokelatnya yang lumer dari dalam. Resep kue balok bandung - Hallo sobat pecinta kue tradisional, mungkin ada pernah menonton sinetron komedi 'Preman Pensiun' yang ditayangkan oleh salah satu televisi swasta disetiap sore hari. Pastinya kalian semua mengenal dong tokoh 'Kang Komar' preman kocak yang menjadi bawahan 'Kang Mus'.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Kue Balok (Kue Santan) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved