Resep Kue balok Menes, Enak Banget

Lucille Carpenter   28/11/2020 16:24

Kue balok Menes
Kue balok Menes

Sedang mencari inspirasi resep kue balok menes yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kue balok menes yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue balok menes, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan kue balok menes enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

MerahPutih Kuliner - Kue balok menes memiliki cita rasa khas. Kue olahan dari singkong atau ubi kayu ini sangat lembut di mulut. Jika Anda kenal dengan makanan tradisional getuk, itulah salah satu jenis getuk, tapi tetap mempertahankan warna asli singkong yang berwarna putih.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah kue balok menes yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Kue balok Menes memakai 12 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Kue balok Menes:
  1. Siapkan 1/2 kg singkong
  2. Sediakan Serundeng
  3. Ambil Bahan serundeng:
  4. Siapkan 6 siung bawang merah
  5. Gunakan 3 siung bawang putih
  6. Sediakan 4 ruas kunyit
  7. Siapkan 2 cm lengkoas
  8. Gunakan 3 lembar daun salam
  9. Siapkan 3 lembar daun jeruk
  10. Sediakan 1 sdm gula pasir
  11. Siapkan 1 sdt garam
  12. Sediakan 1 sdt ketumbar

Kue Balok Menes juga menjadi salah satu kuliner khas Suku Baduy yang memiliki rasa yang lezat. Kuliner ini juga banyak dijual dan dikembangkan di luar kawasan Baduy, seperti di Banten misalnya. Kuliner khas Suku Baduy ini dibuat dari bahan Singkong putih. Singkong tersebut dikupas dan dicuci bersih dan dibentuk menjadi segi empat.

Cara membuat Kue balok Menes:
  1. Kukus singkong lalu haluskan. Iris bawang lalu goreng.
  2. Siapkan loyang yang sudah dialas plastik lalu masukkan singkong sambil di tekan2. Kemudian faburkan secara mwrata, adonan isi. Tutup lago dwngan adonan sambil di tekan2.
  3. Potong2 adonan sesuai selera. Sajikan

Kue balok merupakan kue khas dari kota Pandeglang, tepatnya berasal dari Kecamatan Menes. Kecamatan Menes merupakan sebuah kecamatan yang terletak hampir di bagian ujung barat Pulau Jawa. Banyak makanan unik dan legendaris di sana, seperti emping melinjo, otak-otak ikan, dan tentu saja kue balok. Kue balok menes memiliki cita rasa khas. Jika Anda kenal dengan makanan tradisional getuk, itulah salah satu jenis getuk, tapi tetap mempertahankan warna asli singkong yang berwarna putih.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Kue balok Menes yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved