Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sambal Paru Kemangi Anti Gagal

Ida Wheeler   05/09/2020 16:44

Sambal Paru Kemangi
Sambal Paru Kemangi

Sedang mencari inspirasi resep sambal paru kemangi yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal paru kemangi yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal paru kemangi, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan sambal paru kemangi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Resep Sambal Tempe Kemangi, Jadikan Semua Semakin Istimewa. Simpan ke bagian favorit Tersimpan di bagian favorit. Sebagai pelengkap beragam menu lezat, tentu sambal tempe kemangi. sambal kemangi seperti ini paling enak jika disajikan dengan ikan goreng seperti pindang, bandeng Resep dan cara membuat sambel kemangi yang enak ala Dapur Bu Haji. silahkan dicoba resep.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sambal paru kemangi yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sambal Paru Kemangi memakai 14 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Sambal Paru Kemangi:
  1. Gunakan 1/2 kg paru (sudah direbus dan digoreng sebentar)
  2. Gunakan 35 biji cabai rawit
  3. Siapkan 5 biji cabai besar
  4. Ambil 15 siung bawang merah
  5. Sediakan 5 siung bawang putih
  6. Sediakan 2 lembar daun jeruk
  7. Sediakan 1 lembar daun salam
  8. Siapkan Seruas jahe
  9. Sediakan secukupnya Garam ()
  10. Siapkan secukupnya Gula
  11. Sediakan secukupnya Penyedap rasa
  12. Siapkan secukupnya Minyak goreng
  13. Ambil 100 ml air
  14. Siapkan Kemangi

Untuk membuat ikan kembung sambal dabu juga. Nasi Putih Rendang/Paru/Dendeng Gulai Nangka Sayur Tumis / Lalap Teri Terong/Teri Tempe Sambal. Khasiat Daun kemangi - Manfaat Daun Kemangi, Tulasi, Surawung, Uku-Uku, Lufe, Selasih, Basil sungguh nikmat disajikan bersama sambal dan menu lalapan. Sambal kacang/sambal pecel yang sudah jadi dicampurkan sedikit air agar menjadi kental.

Cara membuat Sambal Paru Kemangi:
  1. Rebus paru hingga empuk lalu goreng sebentar saja
  2. Siapkan bumbu halus (boleh uleg boleh blender) terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai besar dan rawit, jahe. Setelah itu panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu halus hingga harum dan tambahkan daun jeruk dan salam.
  3. Setelah harum masukkan paru yang telah di goreng ke dalam bumbu ratakan dan tunggu sebentar lalu masukkan air serta gula, garam dan penyedap rasa. Jangan lupa koreksi rasa setelah dirasa matang dan air sudah meresap masukkan kemangi ke dalam bumbu lalu sajikan.

Hanya saja ada sambal kemangi menggunakan bahan dasar cabe rawit hijau dan kemangi. Sambal matah menjadi salah satu komponen dalam sajian ini. Kamu juga bisa menikmati sambal matah sebagai makanan pendamping ikan bakar, ayam goreng dan aneka lauk lain. SAMBAL KEMANGI, cocok untuk disantap dengan tempe, tahu goreng, ikan asin, ayam goreng plus lalapan mentah. Sambal ini kerap menyertai masakan Manado.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sambal paru kemangi yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved