Bagaimana Menyiapkan Paru sambel lado / balado yang Menggugah Selera

Fannie Russell   06/11/2020 05:10

Paru sambel lado / balado
Paru sambel lado / balado

Lagi mencari ide resep paru sambel lado / balado yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal paru sambel lado / balado yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari paru sambel lado / balado, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan paru sambel lado / balado yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Sambal Balado or Sambalado is native to the Padang (Minang) cuisine in West Sumatra, which means "with chili". Lado means chili in the Minang dialect. While typical sambal is usually served as a condiment on the side, Balado is usually cooked with other food to make for example Sambal Terong.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah paru sambel lado / balado yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Paru sambel lado / balado memakai 15 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Paru sambel lado / balado:
  1. Siapkan bumbu paru
  2. Ambil 9 siung bawang putih ukuran sedang
  3. Gunakan sejumput gula
  4. Ambil 2 sendok teh garam
  5. Ambil 4 sendok teh ketumbar bubuk
  6. Ambil 4 lembar daun jeruk di sobek2
  7. Siapkan 1/4 sendok kunyit bubuk (klo ga ada gpp)
  8. Ambil bumbu sambel lado / balado
  9. Siapkan 6 siung bawang merah
  10. Siapkan 2 siung bawang putih
  11. Sediakan 1/6 buah bawang bombai
  12. Siapkan 3 lembar daun jeruk
  13. Sediakan 9 buah cabe merah keriting
  14. Gunakan 4 buah cabe rawit (biar makin pedes klo ga mau pedes di skip aja)
  15. Sediakan secukupnya gula garam

It is made of shrimp, either peeled or unpeeled. Selain bisa bikin makanan terasa lezat, Sambal Balado juga bisa membuat nafsu makan meningkat! Apalagi jika membuat Sambal Balado dengan resep ini. Waaah, cocok untuk dipadukan dengan lauk favorit Endeusiast!

Langkah-langkah membuat Paru sambel lado / balado:
  1. Haluskan bumbu paru, potong paru sapi sesuai selera, rebus paru hingga mendidih, tambahkan kunyit bubuk dan daun jeruk.. didihkan hingga kira paru empuk. tiriskan..
  2. Ulek / blender kasar semua bumbu sambel
  3. Goreng paru yang telah direbus tadi dengan minyak panas (tips biar ga meletup2 / mbledos adalah tambahkan sedikit tepung dalam minyak sebelum paru dimasukan) goreng sesuai selera
  4. Sisakan sisa minyak menggoreng paru di wajan tambahkan sedikit mentega, masukan irisan bawang bombai, kemudian tumis sambel yang telah diulek / diblender tadi hingga wangi, masukan daun jeruk tunggu hingga matang, koreksi rasa
  5. Kemudian campur dengan paru yang telah di goreng.. kemudian sajikan dengan nasi hangat

Sambal lado hijau khas Padang yang selalu jadi Favorite pencinta kuliner di t. mrs TeeRecipe. Paru Balado empuk dan tidak bau. Very recommend #parubalado #siapsaji Jual Paru Balado. Nah, sambal ijo atau sambal lado mudo sebenarnya juga bisa disantap dengan masakan non-Padang. Disajikan bersama ayam geprek atau nasi putih saja sudah enak, kok.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Paru sambel lado / balado yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved