Resep Kue Lumpang Anti Gagal

Ethan Moran   13/10/2020 01:33

Kue Lumpang
Kue Lumpang

Lagi mencari ide resep kue lumpang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue lumpang yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Kue lumpang gula merah berlesung enak lainnya. #kuelumpang #kuetradisional #kuebasah Hai semua.ketemu lagi di channel youtube atha naufal. di video ini mama atha buat KUE LUMPANG PANDAN kue. Kue Lumpang merupakan makanan khas Palembang dengan tekstur empuk dan manis gurih. Kue lumpang tergolong berbeda dari jenis kue basah lain.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue lumpang, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan kue lumpang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat kue lumpang yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Kue Lumpang menggunakan 10 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Kue Lumpang:
  1. Gunakan 75 gr Tepung Beras
  2. Sediakan 50 gr Sagu
  3. Siapkan 50 ml santan instan
  4. Ambil 250 air
  5. Ambil 100 gr gula pasir
  6. Gunakan 10 lembar daun suji dan 4 lembar daun pandan
  7. Siapkan 1 sdt Kapur sirih & 2 sdm air (opsional)
  8. Siapkan 1/2 sdt perisa pandan (opsional)
  9. Ambil Pelengkap:
  10. Ambil 1/4 kelapa parut dan sedikit garam

Kue lumpang gula merah tanpa air kapur sirih tetap kenyal dan legit. Lumpang pisang Biasanya ga suka makan Kue basah tradisional krna ratarata manis. Kue lumpang mempunyai tekstur yang cukup lembut dan juga empuk. Sehingga siapapun dapat memakan kue lumpang ini dengan aman.

Cara membuat Kue Lumpang:
  1. Rendam 1 sdt kapur sirih dengan 2 sdm air, sisihkan. Cuci bersih dan potong-potong daun suji dan pandan.
  2. Juice pandan, suji dan 250 ml air. Saring di wadah, tambahkan santan dan gula, aduk rata dan masak sampai gula larut. Saring juice pandan sebanyak 250 ml, kalau kurang dapat ditambah air putih. dinginkan dan sisihkan.
  3. Campur tepung beras, sagu dan garam, aduk rata. Tuang juice sedikit demi sedikit, aduk dengan whisk, tambahkan 1 sdt air kapur sirih yang bening saja. Aduk rata sampai licin lalu saring kembali.
  4. Siapkan cetakan keramik atau plastik. Olesi dengan sedikit minyak goreng. Susun cetakan di dalam dandang lalu kukus sampai uap air banyak. Tuang adonan ke dalam cetakan sampai 3/4 penuh.
  5. Kukus adonan kue lumpang selama 15 menit dan buka tutup beberapa kali selama mengukus. Keluarkan kue dari cetakan setelah dingin. Untuk pelengkap, campur kelapa parut dan garam, kukus selama 10 menit.

Pada penyajiannya, kue lumpang ini sangat cocok jika di. Kue Lumpang merupakan cemilan klasik yang masih bertahan hingga saat ini, karena mampu memberikan kenikmatan yang dibuat dari tepung beras, pandan, dan air. Kue lumpang lembut ini dapat menggoyang lidah anda ketika menikmatinya. Untuk membuat kue lumpang ini memang sangat mudah namun harus benar-benar teliti dalam proses pembuatannya. Learn how to make traditional soft and bouncy kuih kosui flavored with pandan leaves and gula Melaka with nice dimples in the middle of the cakes and no alkaline water needed.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan kue lumpang yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved