Bagaimana Membuat Kue Lumpang Gula Merah (1) dengan santan Anti Gagal

Fanny Figueroa   15/07/2020 10:10

Kue Lumpang Gula Merah (1) dengan santan
Kue Lumpang Gula Merah (1) dengan santan

Lagi mencari ide resep kue lumpang gula merah (1) dengan santan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue lumpang gula merah (1) dengan santan yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue lumpang gula merah (1) dengan santan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan kue lumpang gula merah (1) dengan santan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah kue lumpang gula merah (1) dengan santan yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Kue Lumpang Gula Merah (1) dengan santan memakai 10 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Kue Lumpang Gula Merah (1) dengan santan:
  1. Ambil 100 gr gula merah/aren
  2. Siapkan 1 sdm gula pasir
  3. Siapkan 100 ml air
  4. Gunakan 1 helai daun pandan
  5. Sediakan 100 gr tepung tapioka
  6. Gunakan 25 gr tepung beras
  7. Ambil sejumput garam
  8. Gunakan 200 ml santan (1/2 sachet dari kara yg 65 ml + air)
  9. Sediakan Topping :
  10. Siapkan 1/4 buah kelapa parut kukus tabur garam
Cara menyiapkan Kue Lumpang Gula Merah (1) dengan santan:
  1. Sebelumnya baca dulu cerita resep diatas yaaa, maaf, sekedar sharing saja buat yg misl gagal, jangan putus asa😁. Campur gula merah, garam, air & pandan, rebus hingga gula larut, lalu saring.
  2. Campur dengan santan, rebus sebentar sambil diaduk2 supaya santan tidak pecah, dinginkan. Proses perebusan santan tujuannya supaya kue lebih awet, bisa diskip kalo mau cepat.
  3. Panaskan panci pengukus., masukkan daun pandan dalam air rebusan utk aroma. Sementara itu, campur tepung tapioka & tepung beras, aduk rata. Tuangkan campuran air gula merah & santan, aduk rata.
  4. Oles cetakan dengan sedikit minyak goreng, lalu panaskan cetakan kurang lebih 1 menit, baru tuangi adonan.
  5. Tuang adonan ke dlm cetakan hingga hampir penuh. Kukus selama 15 menit. Jangan lupa tutup panci dibungkus lap bersih.
  6. Setelah dingin, keluarkan dr cetakan, sajikan dengan kelapa parut kukus.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Kue Lumpang Gula Merah (1) dengan santan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved