Langkah Mudah untuk Menyiapkan ✨8 Ayam Goreng Serundeng Lengkuas Kelapa (Ayam Pejantan), Sempurna

Noah Estrada   27/11/2020 02:09

✨8 Ayam Goreng Serundeng Lengkuas Kelapa (Ayam Pejantan)
✨8 Ayam Goreng Serundeng Lengkuas Kelapa (Ayam Pejantan)

Lagi mencari ide resep ✨8 ayam goreng serundeng lengkuas kelapa (ayam pejantan) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ✨8 ayam goreng serundeng lengkuas kelapa (ayam pejantan) yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ayam serundeng atau Ayam Goreng Kelapa, tastenya hampir sama dengan Ayam Goreng Lengkuas. Olahan ayam goreng yang disajikan dengan serundeng selalu bikin kita ngiler duluan. Berikut resep membuat ayam goreng serundeng, dijamin bikin makan Serundeng terbuat dari parutan kelapa yang digoreng sampai berwarna kecokelatan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ✨8 ayam goreng serundeng lengkuas kelapa (ayam pejantan), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan ✨8 ayam goreng serundeng lengkuas kelapa (ayam pejantan) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan ✨8 ayam goreng serundeng lengkuas kelapa (ayam pejantan) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan ✨8 Ayam Goreng Serundeng Lengkuas Kelapa (Ayam Pejantan) menggunakan 16 bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan ✨8 Ayam Goreng Serundeng Lengkuas Kelapa (Ayam Pejantan):
  1. Gunakan 1 ekor ayam pejantan
  2. Ambil Bumbu Halus Ungkep Ayam
  3. Siapkan 7 siung bawang merah
  4. Gunakan 7 siung bawang putih
  5. Sediakan 1 ruas lengkuas (ukuran jumbo)
  6. Ambil 2 ruas kunyit (ukuran besar)
  7. Siapkan 4 buah kemiri
  8. Ambil 1 sdm ketumbar bubuk (boleh tidak bubuk)
  9. Siapkan 1 sdt kunyit bubuk (supaya lebih kuning)
  10. Ambil 1 sdt garam
  11. Siapkan 200 ml air
  12. Ambil Bahan serundeng
  13. Sediakan 5 sdm kelapa parut (kurang lebih 200gram)
  14. Gunakan 2 ruas lengkuas (ukuran jumbo)
  15. Siapkan sisa bumbu ungkep ayam
  16. Gunakan 100 ml air

Betapa tidak, rempah khas nusantara yang berkolaborasi dengan nikmatnya parutan lengkuas yang dicampur bersama bumbu lain dan digoreng hingga keriuk. Kehabisan ide untuk menu makan siang hari ini? Ayam goreng dijamin makin nikmat kalau ditambahkan kelapa sangrai yang gurih. Cek resep ayam goreng serundeng di sini.

Langkah-langkah menyiapkan ✨8 Ayam Goreng Serundeng Lengkuas Kelapa (Ayam Pejantan):
  1. Siapkan ayam yang telah ducuci bersih dan diberi perasan lemon supaya segar. Haluskan seluruh bumbu halus.
  2. Tumis bumbu halus, lalu sisa bumbu pada blender / chopper beri air (agar bumbu tidak terbuang sedikitpun😊😊). Tuangkan air tersebut pada wajan tumisan kemudian tambahkan kaldu jamur dan koreksi rasa.
  3. Setelah air mulai mendidih masukkan ayam pejantan ke dalamnya. Rebus hingga kurang lebih 30 menit sambil sesekali ayam dibalik. Sambil menunggu ungkepan ayam matang, siapkan kelapa parut dan parut lengkuas.
  4. Setelah ayam matang dinginkan 10 menit lalu ambil secukupnya untuk digoreng, selebihnya masukkan ke dalam wadah tertutup (boleh simpan di kulkas). Sisakan bumbu ungkepan ayam pada wajan.
  5. Gunakan sisa ungkepan ayam untuk membuat serundeng. Masukkan parutan kelapa dan lengkuas ke dalam sisa ungkepan ayam. Lalu tambahkan 100 ml air. Aduk merata kurang lebih 10 menit hingga serundeng matang dan air menyusut.
  6. Setelah serundeng matang, ambil secukupnya, selebihnya masukkan ke dalam wadah tertutup dan simpan di dalam kulkas (untuk stock).
  7. Goreng ayam dengan api sedang hingga kuning kecoklatan (warna kuningnya cantik banget😍😍😍😍) kemudian tiriskan.
  8. Gunakan minyak bekas menggoreng ayam untuk menggoreng serundeng (agar gurih). Goreng serundeng sambil sesekali diaduk merata hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan 5 menit jika sudah kecoklatan.
  9. Tambahkan serundeng di atas ayam yang telah digoreng. Ayam pejantang serundeng siap dihidangkan. Selamat mencoba🥰🥰🥰

Kelapa sangrai sedap bisa jadi salah satu bahan tambahan untuk mengolah ayam goreng. Selain tampilan makin menggugah selera, di lidah juga makin menggoda. Ayam goreng is an Indonesian and Malaysian dish consisting of chicken deep fried in oil. Ayam goreng literally means "fried chicken" in Malay (including both Indonesian and Malaysian standards) and also in many Indonesian regional languages (e.g. Sekilas mirip Ayam Goreng ditaburi serundeng dan serundeng ini berasal dari lengkuas yang diparut.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ✨8 ayam goreng serundeng lengkuas kelapa (ayam pejantan) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved