Resep Kue Lumpang Ijo yang Sempurna

Glen Tyler   14/07/2020 10:08

Kue Lumpang Ijo
Kue Lumpang Ijo

Lagi mencari ide resep kue lumpang ijo yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kue lumpang ijo yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Kue tradisional yang satu ini sangat lembut, legit, dan membuat yang makan menjadi mau dan mau lagi. Dalam pembuatan KUE LUMPANG atau ada juja yang menyebut. Horas from Medan Pada tau ya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue lumpang ijo, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan kue lumpang ijo yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah kue lumpang ijo yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Kue Lumpang Ijo menggunakan 8 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Kue Lumpang Ijo:
  1. Sediakan 100 gr tepung sagu
  2. Sediakan 25 gr tepung beras
  3. Gunakan 100 gr gula pasir
  4. Sediakan 50 ml air daun pandan (pandan di jus dengan air putih, lalu disaring)
  5. Gunakan 200 ml santan (bisa juga 65 ml kara dilarutkan dengan 140 ml air)
  6. Sediakan 1 lembar daun pandan
  7. Gunakan sejumput garam
  8. Ambil kelapa parut dikasih garam sedikit (dikukus 10 menit)

Lihat juga resep Kue lumpang gula merah berlesung enak lainnya. Kue lumpang tergolong berbeda dari jenis kue basah lain. Mulai dari perbedaan dalam hal pembuatan hingga rasa yang dimiliki. Kue lumpang ini sendiri memiliki rasa yang cukup manis dan nikmat.

Cara membuat Kue Lumpang Ijo:
  1. Dalam panci masak santan, air pandan, 1 lembar daun pandan, gula, dan sejumput garam dengan api kecil sambil diaduk sampai mendidih. Kemudian tunggu dingin.
  2. Siapkan dalam wadah tepung beras dan sagu, bisa diayak dulu biar tidak menggumpal. Kemudian tambahkan adonan cair sedikit-sedikit sambil diaduk dengan whisk. Pastikan tidak ada yang menggumpal, kalau ada gelembung, hilangkan gelembungnya bisa disendok atau diambil gelembungnya.
  3. Setelah adonan jadi tempatkan dalam cetakan nya sebanyak 3-4 sdm tidak perlu penuh supaya bisa berbentuk lesung. Kemudian kukus selama 20 menit.
  4. Setelah 20 menit, siap diangkat dan disajikan dengan kelapa parut ya.

Cenil, kue ijo ijo dan lopis adalah jajanan traditional khas orang jawa. Biasanya jajanan pasar ini di gunakan dalam Horas from Medan Pada tau ya. Kue lumpang atau kue ijo Teksturnya kenyal. Ingin membuat kue ijo tanpa santan? Dulu sy udh pernah posting kue lumpang.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan kue lumpang ijo yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved