Cara Gampang Menyiapkan Bolu Kukus Semangka, Sempurna

Don Blair   12/11/2020 03:31

Bolu Kukus Semangka
Bolu Kukus Semangka

Sedang mencari ide resep bolu kukus semangka yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal bolu kukus semangka yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bolu kukus semangka, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan bolu kukus semangka enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat bolu kukus semangka sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Bolu Kukus Semangka menggunakan 14 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Bolu Kukus Semangka:
  1. Siapkan Bahan A
  2. Gunakan 180 gr gula pasir
  3. Siapkan 2 butir telur
  4. Ambil 160 ml air
  5. Ambil Bahan B (ayak)
  6. Ambil 225 gr tepung (sy pakai segitiga biru)
  7. Ambil 1/4 sdt garam
  8. Ambil 1/2 sdt baking powder
  9. Siapkan Bahan C
  10. Siapkan 10 gram SP
  11. Ambil Bahan D (pewarna makanan)
  12. Gunakan Pewarna makanan merah
  13. Ambil Pewarna makanan hijau
  14. Sediakan 2 sdm meises coklat
Langkah-langkah menyiapkan Bolu Kukus Semangka:
  1. Masukan bahan A. Kocok dengan speed sedang hingga pucat (warna tidak terlalu oren).
  2. Masukkan bahan B perlahan-lahan, 2-3 kali tuang. Kocok dengan speed rendah hingga semua tercampur rata.
  3. Masukkan bahan C. Kocok dgn speed tinggi hingga putih berjejak
  4. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Warna merah, hijau, dan putih. Bagaian paling banyak pada warna merah, tambahkan meises 2 sdm.
  5. Siapkan panci kukus, tambahkan air, balut tutup dengan kain bersih. Siapkan cup dan pelapis. Lapisan bawah adonan merah, hampir penuh (lihat gambar). Kemudian tambahkan adonan putih di bagian tengah, terakhir adonan warna hijau. Adonan harus diisi full. Supaya mudah, bisa gunakan plastik segitiga saat membuat layernya.
  6. Pastikan panci kukusan sudah panas dgn air yg mendidih. Kukus adonan dengan jarak yg tidak rapat, tutup rapat panci dengan tutup yang sudah dibalut kain bersih. Masak dengan api besar (agar uap yang dihasilkan banyak). Masak 15-20 menit. Angkat, sajikaan. Alhamdulillah lembut, empuuk dan cantik warnanya😍

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Bolu Kukus Semangka yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved