Langkah Mudah untuk Membuat Kue Lumpang Gula Merah, Lezat Sekali

Effie Miller   17/07/2020 22:09

Kue Lumpang Gula Merah
Kue Lumpang Gula Merah

Lagi mencari inspirasi resep kue lumpang gula merah yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue lumpang gula merah yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue lumpang gula merah, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan kue lumpang gula merah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Semua bahan kue lumpang gula merah dimasak dengan api sedang sampai gula merah hancur, setelah itu tunggu sampai dingin. Rebus gula merah dengan sedikit air sampai larut dinginkan suhu ruangan. Resep kue lumpang dengan ciri khas lesung di tengah dan taburan kelapa parut merupakan aneka kue basah tradisional yang jangan sampai terlupakan.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan kue lumpang gula merah sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Kue Lumpang Gula Merah memakai 16 jenis bahan dan 2 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Kue Lumpang Gula Merah:
  1. Gunakan Bahan A (masak hingga larut, saring, dinginkan)
  2. Ambil 250 gram gula merah
  3. Siapkan 5 sdm gula pasir
  4. Siapkan Sejumput garam
  5. Ambil 300 ml air
  6. Ambil 2 lembar daun pandan
  7. Siapkan Bahan B (kukus selama 5 menit)
  8. Sediakan Kelapa parut muda
  9. Siapkan 1/2 sdt garam
  10. Gunakan Bahan C (aduk rata kemudian saring agar tidak bergerindil)
  11. Ambil 250 gram tepung beras
  12. Sediakan 35 gram tepung tapioka
  13. Siapkan 35 gram gula pasir
  14. Sediakan Sejumput garam
  15. Gunakan 1 sdt air kapur sirih
  16. Siapkan 400 ml Air

Resep Cilok Bumbu Kacang Ala Mamang Sd. Ongol Ongol Tepung Sagu Dan Ongol Ongol Tepung Tapioka Kue Tradisional Ongol Ongol Gula Merah. Resep Kue Lumpang Gula Merah KenyaL Manis Dan Gurih. Sedangkan Isi dari kue dadar gulung ini adalah parutan kelapa yang dicampur gula merah cair.

Langkah-langkah menyiapkan Kue Lumpang Gula Merah:
  1. Campur bahan A ke bahan C secara bertahap sambil di aduk rata.
  2. Olesi cetakan dengan minyak kemudian kukus selama 25 - 30 menit

Dalam masyarakat Jawa isi kelapa parut saus gula merah ini disebut Unti. Unti inilah yang membuat kue dadar gulung lezat, karena saat kita menikmati dadar guling isian unti akan lumer di mulut. Kue lumpang putih bisanya hanya menggunakan gula pasir, kue lumpang coklat menggunakan gula merah atau gula jawa, sedangkan kue lumpang hijau menggunakan daun pandan. Gula merupakan suatu karbohidrat sederhana yang menjadi sumber energi dan menjadi komoditi perdagangan utama di Indonesia. Gula ini banyak digunakan dalam pembuatan kue kering, hiasan icing sugar, taburan pada cake atau kue, dan lain sebagainya.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat kue lumpang gula merah yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved