Resep Sambal Paru Anti Gagal

Katharine Vargas   16/08/2020 19:30

Sambal Paru
Sambal Paru

Anda sedang mencari ide resep sambal paru yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal paru yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Paru dimasak sambal memang kesukaan saya. Samada makan dengan nasi putih, lauk untuk lontong atau dimakan dengan mee hoon. Semua boleh dengan paru sambal ini.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal paru, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan sambal paru enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat sambal paru yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sambal Paru menggunakan 8 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Sambal Paru:
  1. Ambil 250 gr paru sapi
  2. Sediakan 3 bawang putih
  3. Siapkan 8 bawang merah
  4. Gunakan 3 rawit merah
  5. Sediakan 10 cabai merah keriting
  6. Gunakan sesuai selera Garam
  7. Gunakan sesuai selera Kaldu bubuk dan gula
  8. Gunakan 3 lembar daun salam

Nak makan dengan sambal lodeh pun boleh tau. Paling koman makan dengan nasi panas pun lebih dari cukup dah. Senang kata semua lah boleh masuk dengan sambal. Paru selain dimasak berlada ia juga boleh dimasuk didalam rendang daging sebagai tambahan kepada rendang daging, tetapi paling sedap dimasak secara sambal dimana ianya hanya menggunakan cili kisar,bawang merah ,bawang putih dan jintan manis yang dikisar.

Cara menyiapkan Sambal Paru:
  1. Rebus paru di air mendidih bersama daun salam dan sedikit garam.Tiriskan dan cuci bersih.Potong2 tipis dengan ketebalan 1/2 cm.Goreng paru hingga kecoklatan.Bisa sampai garing, saya dalamnya masih empuk kenyal.
  2. Siapkan cabai, bawang merah dan bawang putih.Goreng hingga layu.Haluskan bersama gula, garam dan kaldu bubuk.
  3. Panaskan secukupnya minyak sisa menggoreng tadi.Masukkan bahan sambal dan paru goreng.Masak hingga sambal tercampur rata.

Kali ini Madam akan kongsikan resepinya bagi anda yang ingin mencuba. Cara masak sambal goreng paru ialah, paru harus digoreng terlebih dahulu. Sebaiknya paru dipotong nipis dan digoreng garing. Namun walaupun digoreng garing, paru tidak akan keras kerana ia memiliki tekstur yang lembut. Malah, setelah paru digoreng, ia jadi makin lazat dan crispy apabila digaul dengan sambal.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sambal paru yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved