Cara Gampang Membuat Tenggiri goreng sambal asam manis, Enak

Verna Burton   13/10/2020 09:41

Tenggiri goreng sambal asam manis
Tenggiri goreng sambal asam manis

Lagi mencari inspirasi resep tenggiri goreng sambal asam manis yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal tenggiri goreng sambal asam manis yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Saus asam manis sangat multi fungsi, seperti untuk bahan campuran aneka olahan dan masakan, sebagai siraman, dan untuk topping berbagai makanan goreng-gorengan biasa maupun goreng tepung crispy renyah, misal ayam goreng, ikan goreng, udang goreng, cumi goreng, dan lain-lain. Petang ini kita masak ikan tenggiri goreng sambal kurang pedas khas untuk anak-anak kita. Tiriskan, sisihkan lebih dulu agar minyak yang ada di udang berkurang.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari tenggiri goreng sambal asam manis, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan tenggiri goreng sambal asam manis enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan tenggiri goreng sambal asam manis sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Tenggiri goreng sambal asam manis memakai 15 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Tenggiri goreng sambal asam manis:
  1. Siapkan 500 gr ikan tenggiri
  2. Sediakan 1 buah bawang bombay ukuran kecil
  3. Sediakan 1 siung bawang merah
  4. Ambil 1 siung bawang putih
  5. Sediakan 1 buah tomat kecil
  6. Siapkan 5 buah cabe rawit
  7. Siapkan 5 buah cabe merah
  8. Sediakan 1 buah jeruk nipis
  9. Gunakan secukupnya Saus tiram
  10. Gunakan secukupnya Kecap manis
  11. Sediakan secukupnya Kecap asin
  12. Siapkan secukupnya Merica
  13. Siapkan secukupnya Garam
  14. Ambil secukupnya Terasi
  15. Gunakan Margarin/minyak untuk menumis

Sambal ini terbuat dari cabe rawit, bawang goreng, garam dan sedikit minyak yang di goreng. Sambal ini dibuat dengan bahan dasar ikan seperti ikan tenggiri, ikan belida, ikan berdaging putih dan lainnya. Hari ini DB nak kongsikan resipi TENGGIRI GORENG ASAM YANG pasti terangkat. Secara tampilan, resep udang goreng tepung asam manis ini mirip sekali dengan masakan olahan asam manis lainnya.

Langkah-langkah membuat Tenggiri goreng sambal asam manis:
  1. Cuci bersih ikan, lumuri dengan garam dan air perasan jeruk nipis, taburi merica, diamkan kurang lebih 15 menit
  2. Goreng ikan hingga matang, sisihkan
  3. Rebus bawang merah, bawang putih, tomat,cabe rawit dan cabe merah hingga layu
  4. Haluskan bumbu, tambahkan terasi dan gula
  5. Iris bawang bombay, panaskan minyak, tumis bawang bombay bersama bumbu hingga wangi, tambahkan saus tiram, kecap manis, kecap asin, cek rasa
  6. Masukkan ikan tenggiri yang telah digoreng, aduk hingga sambal merata
  7. Siap disantap bersama keluarga tercinta 💞

Seperti ayam kuluyuk, ayam goreng tepung saus asam manis, serta ikan gurame asem manis. Wah, apapun itu masakan dengan saus asam manis memang selalu top!! Ikan tenggiri asam pedas, dimasak dengan berbagai macam bumbu dan rempah. Masakan ini hampir mirip Jika tertarik mencicipi tenggiri asam pedas, Anda bisa berkreasi membuat di rumah. Ingin tahu resep lengkap dan cara membuat ikan tenggiri asam pedas?

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat tenggiri goreng sambal asam manis yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved