Bagaimana Menyiapkan Kue Lumpang yang Sempurna

Christopher Soto   13/11/2020 04:50

Kue Lumpang
Kue Lumpang

Sedang mencari ide resep kue lumpang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal kue lumpang yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue lumpang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan kue lumpang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Tapi ternyata lumpang alias lesung di kue ku ga terbentuk 😂 cari tau,ternyata biar. Kue Lumpang Ijo comes from Palembang, South Sumatra, Indonesia. It is also known as Kue Ijo and Kuih Kosui in Malaysian.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah kue lumpang yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Kue Lumpang menggunakan 13 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Kue Lumpang:
  1. Ambil Bahan 1 :
  2. Gunakan 450 ml air hangat
  3. Ambil 6 lembar daun suji
  4. Siapkan 2 lembar daun pandan
  5. Gunakan Bahan 2 :
  6. Gunakan 110 gr tepung sagu
  7. Siapkan 90 gr tepung terigu
  8. Gunakan 165 gr gula pasir
  9. Siapkan 1/2 sdt garam
  10. Sediakan Bahan 3 :
  11. Ambil 100 gr kelapa muda, parut
  12. Siapkan 1/4 sdt garam
  13. Gunakan 1 lembar daun pandan

Di Palembang, kue lumpang salah jenis kue basah populer. Disebut lumpang karena bentuknya mirip lumpang yaitu wadah untuk menumbuk padi, kopi, atau biji-bijian lainnya. Kue ini teksturnya kenyal, rasanya manis dan gurih. Wangi daun pandan yang begitu menggoda.

Cara membuat Kue Lumpang:
  1. Kukus kelapa parut, garam dan 1 lembar daun pandan selama 10 menit. Sisihkan
  2. Masukkan daun suji, daun pandan dan air hangat ke dalam chopper. Proses sampai daun halus. Kemudian saring sampai total cairan juice pandan mencapai 450 ml. Sisihkan
  3. Blender tepung sagu, tepung terigu, juice pandan (cairan pandan), gula pasir dan garam. Blender hanya 10 detik saja. Sampai tercampur rata
  4. Masukkan ke dalam cetakan sepenuh mungkin. Kukus selama 5 menit kemudian buka tutupnya selema 30 detik (supaya keluar lesungnya) dan kukus lagi selama 5 menit atau sampai matang. Jangan lupa bungkus tutup pancinya ya supaya cairan tidak menetes
  5. Buka tutup pancinya kemudian keluarkan dari panci dan biarkan sampai uap panasnya hilang
  6. Keluarkan kue lumpang dari cetakan kemudian sajikan bersama kelapa parut

KUE LUMPANG UBI UNGU Di video sebelumnya, saya sudah share cara membuat kue lumpang gula merah. Nahh, kali ini saya bikin versi kue lumpang ubi ungu. Lihat juga resep Kue Lumpang / Kue Ijo enak lainnya. Resep Cara Membuat Kue Lumpang Enak Nikmat - Kue Lumpang adalah salah satu jenis kue basah yang tebuat dari bahan campuran tepung tapioka, tepung beras, gula pasir dan juga air yang kemudian aduk rata menjadi adonan serta dibentuk bentuknya serupa dengan lumpang. Proses memasaknya dengan cara dikukus sehingga tekstur kue menjadi lebih empuk.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Kue Lumpang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved