Resep Soto ayam kuning (soto ayam lamongan) yang Sempurna

Viola Atkins   21/07/2020 02:21

Soto ayam kuning (soto ayam lamongan)
Soto ayam kuning (soto ayam lamongan)

Lagi mencari ide resep soto ayam kuning (soto ayam lamongan) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal soto ayam kuning (soto ayam lamongan) yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Soto ayam kuah kuning Sederhana enak lainnya. Soto kuning ini mengingatkan kampung halaman mertua dijawatimur,setiap berkunjung kesana pasti yg dicari sotonya Terutama Soto dok khas nganjuk,tapi saya bikin yg simple aja soto ayam. Pada dasarnya soto berbentuk kuah kuning yang berisi ayam, kubis, tauge, tomat, telur dan lain sebagainya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto ayam kuning (soto ayam lamongan), mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan soto ayam kuning (soto ayam lamongan) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat soto ayam kuning (soto ayam lamongan) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Soto ayam kuning (soto ayam lamongan) memakai 29 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Soto ayam kuning (soto ayam lamongan):
  1. Gunakan 1 ekor ayam (bagi 4)
  2. Ambil 2 ltr air matang
  3. Gunakan 6 lbr daun jeruk
  4. Ambil 3 btg sereh (geprek)
  5. Siapkan 1 sdt merica bubuk
  6. Gunakan 3 sdt garam
  7. Siapkan 1 sdt gula pasir
  8. Sediakan Secukupnya penyedap
  9. Sediakan Bumbu halus
  10. Ambil 6 siung bawang merah
  11. Siapkan 7 siung bawang putih
  12. Ambil 2 ruas jari kunyit
  13. Gunakan 3 butir kemiri
  14. Ambil Sedikit pala (2 iris tipis)
  15. Sediakan Bahan sambal (uleg halus)
  16. Siapkan 20 cabe rawit domba
  17. Sediakan 1/4 sdt garam
  18. Siapkan Bahan koya (blender semua bahan)
  19. Sediakan 3 siung bawang putih (iris tipis)
  20. Gunakan 3 kerupuk udang (goreng)
  21. Sediakan Bahan pelengkap
  22. Sediakan Koll putih (iris tipis, kukus)
  23. Sediakan Toge (kukus sebentar)
  24. Gunakan Soun (rebus sebentar, tiriskan)
  25. Ambil Tomat (potong sesuai selera)
  26. Sediakan Seledri (untuk taburan)
  27. Sediakan Bawang goreng (untuk taburan)
  28. Ambil Jeruk limau/jeruk sambal atau jeruk nipis
  29. Ambil Telur rebus (potong bagi 2)

Resep soto ayam lamongan, resep soto ayam kuning, resep soto medan, bumbu soto jawa. Soto, sroto, sauto, tauto, atau coto ialah makanan ciri khas Indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging serta sayuran. Soto ayam Lamongan merupakan salah satu soto khas Jawa Timur yang populer. Hidangan berkuah ini biasanya ditemui di pinggir-pinggir jalan karena dijual menggunakan gerobak.

Cara membuat Soto ayam kuning (soto ayam lamongan):
  1. Semua bahan halus di blender, lalu tumis dengan serai & daun jeruk sampai matang & harum.
  2. Masukkan ayam yg sudah dibersihkan. Oseng sebentar ayam sampai berubah warna lalu tambahkan 2liter air matang. Tambahkan garam & merica. Masak sampai ayam matang & empuk (me : dipresto 10menit), tiriskan ayamnya lalu suwir2
  3. Ayam yang sudah di suwir kembalikan lagi ke kuahnya lalu bumbui dengan gula & penyedap lalu koreksi rasa
  4. Penyajian : di mangkok tata soun, toge & kol, lalu siram kuah beserta daging ayam suwirnya ke dalam mangkok, beri pelengkap tomat, telur rebus, seledri, bawang goreng, koya, sambel & terakhir perasan jeruk limau

Meskipun demikian, rasa soto ayam Lamongan tidak kalah dengan hidangan-hidangan mewah. Soto Ayam Lamongan uses a mix of shrimp crackers and fried garlic that are ground. While the Soto in Probolinggo, the koyah is However, my bumbu dasar kuning stock is done, so I have to make from scratch. Soto Ayam Lamongan Lamongan-Style Chicken Soup modified from mbak Lia's recipe. Contact Soto Ayam Lamongan on Messenger.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Soto ayam kuning (soto ayam lamongan) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved