Bagaimana Membuat Tumis sayur ranti Anti Gagal

Mable Chavez   21/10/2020 07:26

Tumis sayur ranti
Tumis sayur ranti

Anda sedang mencari inspirasi resep tumis sayur ranti yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal tumis sayur ranti yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari tumis sayur ranti, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan tumis sayur ranti yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Lihat juga resep Tumis sayur ranti enak lainnya. Locally known as sayur meranti or sayur ranti, the tender shoots and leaves of S. nodiflorum are cooked as a vegetable. Lihat juga resep Tumis sayur ranti enak lainnya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan tumis sayur ranti sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Tumis sayur ranti menggunakan 6 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Tumis sayur ranti:
  1. Gunakan 1 ikat sayur ranti
  2. Siapkan 3 siung bawang merah
  3. Ambil 3 siung bawang putih
  4. Sediakan 5 butir cabe merah
  5. Sediakan 1 ruas jahe
  6. Gunakan Segenggam udang rebon kecil

Semasa treasure hunting cili burung di keliling kebun laman rumah sebelah depan (pokok-pokoknya merata tumbuh courtesy of the birds of course), tiba-tiba ternampak di bawah pokok cili seakan-akan pokok sayur meranti/ranti (solanum nodiflorum) tumbuh liar bersama-sama pokok cili burung. Yang menarik perhatian tukang kebun adalah bentuk bunganya yang mula flashing imbasan image dikongsikan oleh. Ada beberapa rujukkan menyatakan terdapat dua jenis daun meranti iaitu Daun Meranti Gajah dan Daun Meranti Biasa dimana pada artikel ini saya hanya merujuk kepada daun meranti biasa sahaja. Kali ini saya mau memasak tumis lumai dengan tahu, lumai di golongkan ke dalam keluarga labu-labuan atau terong dan memiliki bentuk bulat kecil.

Cara menyiapkan Tumis sayur ranti:
  1. Iris cabe merah, bawang merah dan bawang putih, kemudian geprek jahe
  2. Petik sayur dengan ukuran yang sesuai
  3. Tumis udang rebon terlebih dahulu, kemudian tumis bawang merah, minyak wijen bawang putih dan cabe sampai layu. Kemudian masukkan sayur, tak berapa lama tuangkan air. Masukkan saus tiram dan garam, gula dan penyedap
  4. Setalah sayur layu dan matang angkat dan sajikan

Di daerah Jawa dikenal dengan nama ranti, di Sunda di sebut leunca dan di Palembang di sebut lumai. Sayur ini mengandungi khasiat yang tinggi. Terung ranti mudah dibiakkan dengan cara biji benih. Meranti merupakan sejenis sayuran tradisional yang semakin sukar ditemui mungkin kerana generasi muda lebih mengemari sayuran seperti kangkung, sawi dan sebagainya. Ada yang memanggilnya sayur ranti, daun meranti dan ada yang menyebutnya terung meranti.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan tumis sayur ranti yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved