Resep Soto tangkar, Bisa Manjain Lidah

Lena Pratt   19/11/2020 07:40

Soto tangkar
Soto tangkar

Sedang mencari inspirasi resep soto tangkar yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto tangkar yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Nama tangkar sendiri adalah sebutan untuk iga sapi dalam bahasa Betawi pada zaman penjajahan Belanda dan sampai sekarang masih dipergunakan, meskipun sudah jarang diketahui oleh generasi saat ini. Lihat juga resep Soto Tangkar Betawi Fiber Ćremé. mudah!!! enak lainnya. Resep 'soto tangkar betawi' paling teruji.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto tangkar, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan soto tangkar enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat soto tangkar yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Soto tangkar memakai 25 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Soto tangkar:
  1. Sediakan 500 gram iga sapi
  2. Sediakan 500 gr daging sapi (sengkel)
  3. Ambil Santan kara 2 bungkus yg segitiga
  4. Ambil Garam
  5. Siapkan Gula pasir/gula merah
  6. Gunakan secukupnya Kaldu bubuk sapi
  7. Sediakan 2 batang sepeda sereh (geprek)
  8. Ambil 2 ruas jari lengkuas (geprek)
  9. Sediakan 5 buah cengkeh
  10. Ambil 3 buah kapulaga
  11. Siapkan Daun bawang (iris2)
  12. Gunakan Tomat (iris2)
  13. Sediakan 2 sdm samin (boleh di skip)
  14. Sediakan Bumbu halus:
  15. Siapkan 9 buah cabai merah keriting
  16. Ambil 7 buah bawang putih
  17. Siapkan 11 buah bawang merah
  18. Ambil 2 ruas kunyit
  19. Siapkan 5 buah kemiri
  20. Gunakan 2 ruas jahe
  21. Sediakan 1 sdm ketumbar bubuk
  22. Ambil 1 sdm merica bubuk
  23. Siapkan Pelengkap :
  24. Siapkan Emping melinjo
  25. Siapkan Bawang goreng

Penjual soto tangkar ini sudah berjualan selama puluhan tahun. Yang menarik, ia menggunakan bahasa Inggris dalam melayani pembelinya lho! Baca Jajan Squad yang baru dirilis di Situs Resmi LINE WEBTOON secara gratis. Mendengarkan resep soto tangkar bahan soto tangkar cara membuat soto tangkar top enak.

Cara membuat Soto tangkar:
  1. Tumis bumbu halus dengan lengkuas, sereh, cengkeh, kapulaga hingga harum dan matang. Tambahkan air dan masukkan daging, rebus hingga daging empuk.
  2. Setelah empuk, tambahkan santan kara, garam, gula, kaldu bubuk, koreksi rasa.
  3. Jika rasanya sudah pas, tambahkan minyak samin, tomat dan daun bawang. Sajikan panas2. Tambahkan emping dan taburi bawang goreng.

Soto tangkar ada sejak zaman penjajahan Belanda, lahir karena daging berkualitas untuk penjajah, tetapi tangkar dan jeroan untuk penduduk Indonesia. Angkat daging dan jerohannya, lalu potong-potong. Sisihkan air rebusan daging untuk kuah soto dan buang air rebusan jerohan. Sejarahnya, soto tangkar sudah ada dari zaman penjajahan belanda. Kata 'tangkar' berasal dari Bahasa betawi yang berarti iga sapi.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Soto tangkar yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved