Resep Soto Tangkar Khas Betawi Anti Gagal

Albert Marsh   30/10/2020 08:10

Soto Tangkar Khas Betawi
Soto Tangkar Khas Betawi

Lagi mencari inspirasi resep soto tangkar khas betawi yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto tangkar khas betawi yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Soto Tangkar dan Sate Kuah H. Soto tangkar adalah makanan khas Betawi berupa soto berisi iga sapi dengan kuah santan gurih. Tangkar sendiri dalam bahasa Betawi artinya tulang iga.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto tangkar khas betawi, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan soto tangkar khas betawi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah soto tangkar khas betawi yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Soto Tangkar Khas Betawi memakai 24 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Soto Tangkar Khas Betawi:
  1. Gunakan 1/2 kg iga sapi
  2. Gunakan 500 ml santan kental
  3. Sediakan 3 cm kayu manis
  4. Siapkan 5 butir cengkeh
  5. Ambil 3 lbr daun salam
  6. Ambil 5 lbr daun jeruk purut
  7. Gunakan 2 btg sereh geprek
  8. Ambil 1 sdm gula pasir
  9. Sediakan Secukupnya kaldu bubuk
  10. Siapkan Bumbu dihaluskan:
  11. Ambil 5 siung bawang putih
  12. Siapkan 15 siung bawang merah
  13. Ambil 10 buah cabe merah keriting (rebus)
  14. Siapkan 5 bh kemiri (sangrai)
  15. Gunakan 1 sdt Jinten (sangrai)
  16. Sediakan 1 sdt ketumbar (sangrai)
  17. Gunakan 3 cm jahe
  18. Siapkan 3 cm kunyit (bakar)
  19. Sediakan 1/2 sdm lada
  20. Siapkan Secukupnya lada
  21. Gunakan Taburan:
  22. Ambil Emping, daun bawang, bawang goreng
  23. Gunakan Irisan tomat
  24. Gunakan Jeruk limau

Kata 'tangkar' berasal dari bahasa Betawi yang berarti iga sapi. Kuliner ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Pada masa itu, para penjajah biasanya memotong sapi ketika mereka berpesta. COM - Soto Tangkar merupakan salah satu hidangan khas betawi.

Langkah-langkah menyiapkan Soto Tangkar Khas Betawi:
  1. Saya menggunakan 2x perebusan, rebusan pertama saya buang airnya ini hanya untuk membuang lemak2 dan air yg keruh, rebusan kedua air beri sedikit garam lalu ambil kadunya sebanyak 1 ltr lalu sisihkan.
  2. Goreng iga sapi yg tadi direbus sebentar saja, lalu sisihkan.
  3. Tumis bumbu halus, tambahkan cengkeh, sereh, kayu manis, daun salam dan daun jeruk sampai harum.
  4. Lalu masukan air kaldu yg tadi sudah kita sisihkan (udh disishkan kok diambil lagi yak😂😮)
  5. Aduk kembali sampai mendidih lalu tambahkan santan kental aduk perlahan saja,beri sedikit gula pasir, beri kaldu bubuk. Lalu test rasanya bila sudah pas angkat.
  6. Tata diatas mangkok, iga sapi, irisan tomat lalu masukkan kuah lanjutkan dengan memberi taburan berupa bawang goreng, dan perasan jeruk limau, pakenya jeruk limo yak biar lbh maknyus segarnya. Soto tangkar siap dihidagkan..selamat mencoba buibu….

Sekilas, soto ini mirip dengan soto betawi pada umumnya, namun ada sedikit perbedaan. Soto betawi mempunyai kuah berwarnakuning pucat danputih, sedangkan soto tangkar mempunyai kuah yang berwarna. Nah, salah satu varian soto yang banyak penikmatnya adalah soto Betawi yang merupakan kuliner khas Ibu Kota. Nama tangkar sendiri adalah sebutan untuk iga sapi dalam bahasa Betawi pada zaman penjajahan Belanda dan sampai sekarang masih dipergunakan, meskipun sudah jarang diketahui oleh generasi saat ini. Baca juga: Serba-serbi Kuliner khas Betawi.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat soto tangkar khas betawi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved