Cara Gampang Menyiapkan Mie gomak goreng (spaghetti Batak) yang Menggugah Selera

Eric Sanders   04/08/2020 07:13

Mie gomak goreng (spaghetti Batak)
Mie gomak goreng (spaghetti Batak)

Anda sedang mencari ide resep mie gomak goreng (spaghetti batak) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mie gomak goreng (spaghetti batak) yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Kali ini saya ingin membagikan cara membuat Mie Gomak/Spaghetti Batak/Mie Lidi Goreng dengan bumbu kacang. Mie Gomak is a Batak thick spicy noodle soup dish served in a coconut milk and andaliman-based broth, specialty of Toba Batak region of North Sumatra, Indonesia. Other that traditional Batak lands surrounding Lake Toba, this dish is also a specialty of the Sibolga and Tapanuli area.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mie gomak goreng (spaghetti batak), pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan mie gomak goreng (spaghetti batak) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah mie gomak goreng (spaghetti batak) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Mie gomak goreng (spaghetti Batak) memakai 15 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Mie gomak goreng (spaghetti Batak):
  1. Gunakan Mie lidi sesuai selera (aku buat untuk 2org saja)
  2. Gunakan 2 Telur ayam
  3. Sediakan Bakso (bisa di skip kalo tdk ada, kebetulan saya ada stock😁)
  4. Gunakan Daging ayam (bisa di skip)
  5. Gunakan Pokcoy
  6. Siapkan Wortel
  7. Ambil Kucai
  8. Siapkan Minyak goreng
  9. Siapkan Bumbu
  10. Ambil 3 siung Bawang merah
  11. Sediakan 2 siung Bawang putih
  12. Gunakan Andaliman/ merica
  13. Sediakan Kemiri
  14. Sediakan Ebi
  15. Sediakan Cabai (sesuai selera)

Salah satu daya tariknya adalah aroma rempah Andaliman. Mie goreng / mee goreng is popular food from the street all the way to restaurants. NOODLES Yellow egg noodles are usually used to make mie goreng but you can certainly also used: angel hair pasta, spaghetti, dried instant noodles like. Tanah Batak punya makanan super nikmat nih, harum rempah, dan pedas yang membuat lidah Iya mi yang memiliki tekstur hampir sama dengan Spaghetti (KBBI: Spageti) Italia ini berasal dari Tanah Asalnya bernama gomak karena memang cara penyajiannya digomak-gomak (digenggam pakai.

Langkah-langkah membuat Mie gomak goreng (spaghetti Batak):
  1. Rebus mie lidi sampai lembut/ sesuai selera ya guys, jgn lupa diberi sedikit garam dan minyak goreng 😊
  2. Untuk daging ayam dan bakso di bersihkan dan di rebus ya guys stdk nya 5 menit jgn lupa sedikit garam stlh itu dipotong sesuai selera
  3. Sembari menunggu mie empuk semua perbumbuan di bersihkan trus diuleg/ diblender,sayur mayur juga di bersihkan and dipotong guys
  4. Setelah mie empuk, dan semua perbumbuan dan bahan bahan siap untuk di goreng/ tumis, cuss hangatkan minyak goreng dan goreng semua bumbu yg di ilegal/ blender tadi
  5. Setelah itu masukkan bakso dan ayam lalu diberi garam dan penyedap rasa (sesuai selera, saya sih gak pakai karena udh pakai ebi)
  6. Masuk kan persayuran sampai setengah matang dan masukkan mie diaduk2 dan di tambah kecap sesuai selera, dan tunggu sampai kecap meresap ke mie, dan jadi deh.. selamat mencoba ya

Mi gomak juga sering disebut spaghetti Batak, karena bentuk mi-nya yang mirip dengan pasta spaghetti dari Italia. Sebenarnya mi yang digunakan untuk membuat mi gomak adalah mi khusus yang bentuknya seperti lidi. Di Jakarta memang agak sulit menemukan penjual mi gomak. Gomak itu bahasa Simalungun yang artinya dijumput atau diambil pakai bantuan jari karena sendoknya berjatuhan saat itu mungkin tidak pakai sendok Mie gomak alias mie lidi atau istilah orang barat sana spaghetti. Mie gomak goreng ala chef mama Claudia : HALAMAN Odkryj Indonesian Food Mie Gomak Spaghetti Batak stockowych obrazów w HD i miliony innych beztantiemowych zdjęć stockowych, ilustracji i wektorów w kolekcji Shutterstock.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan mie gomak goreng (spaghetti batak) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved