Cara Gampang Menyiapkan Soto Tangkar, Enak Banget

Nina Ramirez   01/10/2020 03:31

Soto Tangkar
Soto Tangkar

Sedang mencari inspirasi resep soto tangkar yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto tangkar yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto tangkar, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan soto tangkar yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nama tangkar sendiri adalah sebutan untuk iga sapi dalam bahasa Betawi pada zaman penjajahan Belanda dan sampai sekarang masih dipergunakan, meskipun sudah jarang diketahui oleh generasi saat ini. Lihat juga resep Soto Tangkar Betawi Fiber Ćremé. mudah!!! enak lainnya. Resep 'soto tangkar betawi' paling teruji.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan soto tangkar sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Soto Tangkar menggunakan 26 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Soto Tangkar:
  1. Gunakan 600 gr daging sapi tp kmren pke 1kg iga sapi
  2. Ambil 1000 ml air
  3. Gunakan 3 lbr daun jeruk
  4. Siapkan 300 ml santan (kmren diganti ama fibercream)
  5. Siapkan 2 cm jahe memarkan
  6. Sediakan 2 cm lengkuas memarkan
  7. Ambil 2 lbr daun salam
  8. Gunakan 3 cm kayu manis
  9. Ambil 1 btg serai memarkan
  10. Sediakan 1/2 sdt gula merah (kmren di skip)
  11. Sediakan secukupnya Garam, gula, kaldu jamur
  12. Sediakan secukupnya Minyak untuk menumis
  13. Ambil Bumbu halus :
  14. Siapkan 1 sdt jinten
  15. Ambil 2 sdt ketumbar
  16. Ambil 1 sdt merica
  17. Ambil 4 bh kemiri
  18. Ambil 3 siung bawang putih
  19. Gunakan 8 bh bawang merah
  20. Gunakan 2 cm kunyit
  21. Siapkan 2 bh cabe merah besar
  22. Gunakan Pelengkap :
  23. Ambil 1 bh tomat
  24. Ambil 1 bh jeruk nipis
  25. Ambil 1 btg daun bawang
  26. Gunakan Emping

Penjual soto tangkar ini sudah berjualan selama puluhan tahun. Yang menarik, ia menggunakan bahasa Inggris dalam melayani pembelinya lho! Baca Jajan Squad yang baru dirilis di Situs Resmi LINE WEBTOON secara gratis. Mendengarkan resep soto tangkar bahan soto tangkar cara membuat soto tangkar top enak.

Langkah-langkah membuat Soto Tangkar:
  1. Siapkan semua bahan
  2. Rebus daging atau iga sampai empuk, sisihkan
  3. Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan jahe, lengkuas, daun salam, daun jeruk, serai dan kayu manis
  4. Masukkan bumbu kedalam panci yg berisi daging tadi. Aduk hingga rata, tambahkan santan, gula, garam dan kaldu jamur. Masak hingga matang. Koreksi rasa. Angkat dan sajikan dengan bahan pelengkap 😘

Soto tangkar ada sejak zaman penjajahan Belanda, lahir karena daging berkualitas untuk penjajah, tetapi tangkar dan jeroan untuk penduduk Indonesia. Angkat daging dan jerohannya, lalu potong-potong. Sisihkan air rebusan daging untuk kuah soto dan buang air rebusan jerohan. Sejarahnya, soto tangkar sudah ada dari zaman penjajahan belanda. Kata 'tangkar' berasal dari Bahasa betawi yang berarti iga sapi.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Soto Tangkar yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved