Resep Mie Gomak/ spaghetti Batak goreng, Bisa Manjain Lidah

Billy Jefferson   25/11/2020 17:58

Mie Gomak/ spaghetti Batak goreng
Mie Gomak/ spaghetti Batak goreng

Lagi mencari inspirasi resep mie gomak/ spaghetti batak goreng yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mie gomak/ spaghetti batak goreng yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Kali ini saya ingin membagikan cara membuat Mie Gomak/Spaghetti Batak/Mie Lidi Goreng dengan bumbu kacang. Mie Gomak is a Batak thick spicy noodle soup dish served in a coconut milk and andaliman-based broth, specialty of Toba Batak region of North Sumatra, Indonesia. Other that traditional Batak lands surrounding Lake Toba, this dish is also a specialty of the Sibolga and Tapanuli area.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mie gomak/ spaghetti batak goreng, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan mie gomak/ spaghetti batak goreng yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan mie gomak/ spaghetti batak goreng sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Mie Gomak/ spaghetti Batak goreng memakai 13 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Mie Gomak/ spaghetti Batak goreng:
  1. Gunakan 1 bungkus mie lidi
  2. Ambil 250 gram bakso sapi
  3. Ambil 4 butir telur ayam
  4. Sediakan 6 siung bawang merah
  5. Ambil 4 siung bawang putih
  6. Ambil 6 pcs cabai rawit merah
  7. Sediakan 1 butir kemiri
  8. Siapkan 1 ibu jari kunyit
  9. Ambil 1/2 ibu jari jahe
  10. Ambil 2 batang seledry
  11. Gunakan 1 buah tomat
  12. Ambil Secukupnya minyak untuk menumis
  13. Sediakan Secukupnya garam dan merica

Saya menikmati sarapan pagi pertama di Kabupaten Simalungun, tepatnya di Ajibata, dengan Mi Gomak dan telur sambal bulat, kerupuk merah, serta kopi. Uniknya, mie gomak juga sering disebut dengan spaghetti batak karena sekilas sangat mirip dengan makanan spaghetti khas Italia. Apalagi jika mie asli batak ini penyajiannya dipisahkan dengan saus beserta kuahnya, maka akan sangat mirip. Tekstur mie gomak yang memang seperti bahan.

Cara membuat Mie Gomak/ spaghetti Batak goreng:
  1. Rebus mie lidi samapi matang tapi jng terlalu lembek biar tdk hancur pada saat menggoreng nya nanti. Setelah matang angkat dan sisahkan air rebusan sedikit kira2 satu gelas. Kemudian siram mie dengan air dingin tiriskan.
  2. Haluskan menggunakan belender atau uleg bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, cabai rawit dan jahe.
  3. Kemudian siapkan wajan, beri minyak secukupnya setelah panas tumis bumbu halus samapi harum, masukan bakso yg sdh di potong2, lalu masukan mie yg telah di rebus, aduk rata beri garam dan merica secukupnya, kemudian masukan sisa air rebusan mie td aduk rata. Masukan potongan seledry Dan tomat aduk kembali samapi semua rata tercampur.
  4. Kemudian sajikan mie dalam piring sesuai selera porsi nya, ingat jangan di gomak atau di genggam 😀

Meski mirip dengan mie Aceh, kuliner ini sejatinya memiliki perbedaan pada ukuran yang lebih besar dan padat. Karena menggunakan jenis mie lidi, maka dijuluki spaghetti-nya orang Batak. Salah satu daya tariknya adalah aroma rempah Andaliman. Mie gomak bisa disantap dengan nasi atau tanpa nasi.. Spaghetti (KBBI: Spageti) Italia ini berasal dari Tanah Batak, wilayah yang meliputi meliputi semua daerah Mie diaduk langsung dengan tangan dan biasanya dimasak di tungku.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan mie gomak/ spaghetti batak goreng yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved